7 Jurusan Kuliah yang Berpeluang Besar Lolos CPNS 2023, Simak Daftarnya di Sini

Ilustrasi daftar calon CPNS atau CPPK.
Sumber :
  • vstory

VIVA Edukasi – Kabar tentang pembukaan CPNS 2023 semakin ramai diperbincangkan oleh publik. Terlebih, menjadi seorang ASN (Aparatur Sipil Negara) merupakan dambaan bagi setiap orang.

Pontianak Siapkan 1.215 Formasi Calon ASN, Menteri PAN-RB: 200 Ribu Formasi untuk IKN

Meskipun jadwal pembukaan pendaftaran CPNS 2023 masih belum diumumkan secara resmi oleh pemerintah, bagi kamu yang lulusan S1 wajib mengetahui jurusan apa saja yang tertusuk banyak yang lolos menjadi ASN (Aparatur Sipil Negara).

Sistem CAT CPNS

Photo :
  • vstory
Baliho Dukungan Sekda Jadi Bupati Tangerang Bertebaran, Begini Aturan ASN-nya

Dengan adanya informasi terkait jurusan yang tertusuk besar menjadi PNS 2023, bisa memotivasi untuk para lulusan S1 yang baru wisuda dan mengikuti seleksi CPNS 2023. Dikutip dari berbagai sumber, berikut deretan jurusan kuliah yang kesulitan besar untuk lolos seleksi CPNS 2023:

1. Jurusan Pendidikan

Menkominfo Budi Arie Bersiap Ngantor di IKN Juli 2024

Jurusan Pendidikan erat kaitannya dengan PNS adalah menjadi seorang guru. Profesi guru di Indonesia memang sangat dibutuhkan karena belum merata di setiap daerah.

2. Jurusan Politik dan Pemerintah

Jurusan Politik dan Pemerintah masih mempunyai peluang yang sangat besar untuk menjadi PNS, kamu nantinya bisa menjadi seorang peneliti di sektor swasta maupun pemerintah.

3. Jurusan Teknik

ilustrasi kuliah sambil bekerja.

Photo :
  • Pixabay

Teknik setiap tahunnya selalu dibutuhkan di berbagai sektor pemerintahan. Jurusan ini bisa mengisi di Kementerian PUPR, Pemerintah daerah atau mengisi posisi di BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara).

4. Jurusan Manajemen

Ilustrasi gelar perkuliahan.

Photo :
  • http://dipity.com

Lulusan S1 Manajemen mempunyai peluang besar lulus sebagai CPNS 2023, di jurusan ini kamu bisa mengisi di sektor pemerintahan seperti perencanaan dan penata kanselerai.

5. Jurusan Teknologi Informasi

ilustrasi kuliah sambil bekerja.

Photo :
  • Pixabay

Lulusan jurusan satu ini memang sangat dibutuhkan di masa kini, Jurusan Teknologi Informasi memiliki sejumlah keahlian yang dapat memilih posisi di sektor swasta maupun pemerintahan. Pada pemerintahan sendiri, jurusan ini bisa ditempatkan sebagai ahli pranata komputer atau di posisi sistem informasi dan IT

6. Jurusan Psikologi

Meski jarang terdengar secara umum, namun jurusan Psikologi memiliki karier pemerintahan yang sangat beragam. Di antaranya formasi Asesor Sumber Daya Manusia, Aparatur, dan Analis Pengembangan Kompetensi.

7. Jurusan Kesehatan

Ilustrasi anak kuliah.

Photo :
  • http://www.indotopinfo.com/

Kebutuhan tenaga kerja bagian kesehatan sangat besar, khususnya pada formasi CPNS. Sehingga peluang dapat lulus seleksi menjadi PNS juga besar. Salah satu contoh peluang besar menjadi pegawai pemerintah, yaitu menjadi Administrasi Kesehatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya