Profil Guru Honorer SMK Cirebon Dipecat Gegara Kritik Ridwan Kamil

Profil Guru yang dipecat gegara kritik Ridwan Kamil
Sumber :
  • Instagram @sabilfadhillah

VIVA Edukasi – Guru SMK asal Cirebon mendapat surat putus kerja dari yayasan tempat ia mengajar. Guru yang diketahui bernama Muhammad Sabil Fadilah itu mengaku bahwa Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengirim Direct Message (DM) Instagram ke akun sekolah di mana tempatnya bekerja.

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional

Dari isi DM-nya terlihat akun Ridwan Kamil mengirimkan screenshoot (tangkap layar) komentar dari Sabil, di unggahan instagram saat melakukan zoom dengan murid SMPN 3 Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. 

Setelah mengirimkan bukti komentar Sabil, Ridwan Kamil pun mengirimkan pesan chat yang bertuliskan "Tidak pantas seorang guru spt itu" tulisnya.

Jangan Ragu Masukkan Anak ke PAUD Bun, Ini 5 Manfaat Pentingnya

Komentar guru honorer kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan surat keputusan pengakhiran kerja.

Photo :
  • Tangkapan layar bandung.viva.co.id

Setelah terjadi perdebatan, Sabil kemudian mendapat telepon dari SMK Telkom Cirebon soal pemberhentian menjadi guru dan mengeluarkan Dapodik dari SMK Ponpes Manbaul Ulum.

Golkar Tepis Isu Istri Ridwan Kamil Mundur dari Bursa Pilkada Kota Bandung

Kata Sabil, ada dua alasan pemberhentian tersebut. Alasan pertama yaitu tidak boleh mengajar di dua sekolah. Alasan yang kedua karena komentar di unggahan Instagram milik Ridwan Kamil. Siapakah sosok guru yang dipecat gegara komentar Ridwan Kamil?

Profil Guru yang dipecat gegara kritik Ridwan Kamil

Guru SMK Cirebon Muhamad Sabil Fadilah yang dipecat gegara kritik Ridwan Kamil

Photo :
  • Azizi Erfan (Cirebon)

Sosok guru yang dipecat gegara kritik Ridwan Kamil ini menjadi sorotan masyarakat. Menilik dari akun Instagram @sabilafadhillah, ia menyematkan dalam bio nya sebagai photographer. Ia juga mencantumkan link website blognya.

Ia sudah menikah dengan wanita pujaannya yaitu Novi Hanipah pada 2019. Mereka dikarunia anak pertama pada 2020 yang diberi nama Hikari Alhaya Fiisabilillah.

Sabil merupakan guru honorer SMK Telkom Sekar Kemuning Cirebon. Ia menjadi wakil kelas Multimedia. Rupanya ia sudah menjadi tenaga pengajar selama sekitar 9 tahun.

Belum lama ini Sabil dikeluarkan dari sekolah usai geger dirinya kritik Ridwan Kamil. Meski begitu Kang Emil sapaan akrabnya mengaku kaget atas pemecatan guru asal Cirebon tersebut. 

“Menyikapi hadirnya berita bahwa ada guru SMK diberhentikan oleh yayasannya karena mengkritik saya, yang membuat saya juga kaget,” kata Ridwan Kamil di Instagram dikutip VIVA, Kamis, 15 Maret 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya