Geliat UMKM dan Ekonomi Kreatif, Edukasi Penggunaan QRIS Kian Ditingkatkan

Ilustrasi Bisnis UMKM.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Edukasi – Bank Indonesia (BI) terus berupaya konsisten mendorong perkembangan dan pemberdayaan potensi sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebagai salah satu pilar perekonomian nasional. Sejumlah agenda pun digelar dalam upaya memajukan geliat pertumbuhan UMKM di berbagai daerah di Tanah Air.

Hari Kartini, Perempuan Bisa Dapat Bunga Kredit BCA 3 Persenan

Dan salah satu kegiatan yang mengusung visi tersebut pun dihelat BI pada 16-19 Maret 2023 lalu dalam gelaran Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) di Labuhanbatum, dengan menggandeng Koperasi Serba Usaha (KSU) Karya Murni.

Anggota Komisi XI DPR RI, Sihar Sitorus turut hadir dalam kegiatan yang memfasilitasi pemberian bantuan penangkaran bibit kelapa sawit di Pinang, Labuhanbatu Selatan. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Dorong Ekspor UMKM, Bea Cukai Jalin Kolaborasi dengan Pemerintah Daerah

Selain itu, dalam kegiatan tersebut pun Sihar mendorong upaya mengedukasi petani dan para pelaku UMKM untuk belajar menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran modern yang bisa mempermudah proses transaksi.

BI: Kinerja Penjualan Eceran Maret Naik Ditopang Ramadhan dan Lebaran

Kolaborasi yang diusung BI itu pun diapresiasi positif oleh Sihar Sitorus, dan menyebut kegiatan tersebut diharapkan dapat membawa banyak manfaat bagi para pelaku UMKM di wilayah setempat.

"Saya apresiasi dan terima kasih kepada Bank Indonesia yang telah memberikan bantuan berupa sarana dan prasarana serta penangkaran bibit kelapa sawit," ungkap Sihar Sitorus dalam sambutannya.

Sihar meyakini, dengan program dan kerja sama tersebut, masyarakat petani sawit bisa meningkatkan daya saingnya dalam memasarkan hasil pertanian mereka. Sebab, dengan teknologi yang digunakan, maka gerak UMKM diyakini bakal semakin mudah di era kekinian.

Politisi yang juga pengusaha tersebut menjelaskan bahwa petani dan UMKM harus dibantu dari berbagai arah agar lebih cepat akselerasi, tumbuh serta berkembang.

Maka selain bantuan berupa bibit, perlengkapan dan peralatan pertanian juga perlu ditunjang dengan sosialisasi pemanfaatan teknologi.

Menurut Sihar, kolaborasi dengan Bank Indonesia dalam membantu masyarakat petani sawit di Sumatera Utara memang menjadi salah satu bidang garapannya.

Sebelumnya, Sihar juga telah memfasilitasi penyaluran berbagai bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) oleh Bank Indonesia kepada masyarakat.

Hal yang sama juga dilakukan dalam penggunaan QRIS di kalangan masyarakat dan UMKM. Sihar Sitorus dan Bank Indonesia sebelumnya telah bersinergi melakukan sosialiasasi di berbagai kota di Sumatera Utara.

"Dengan adanya QRIS ini saya harap dapat mempermudah perkembangan UMKM dalam melakukan transaksi yang cepat dan mudah bagi para pelanggan maupun pedagang, kemudian mendukung kelancaran pencatatan arus kas secara real time," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya