Benarkah Amal Ibadah Pelaku Zina Tidak Diterima Selama 40 Tahun?

Penceramah Buya Yahya.
Sumber :
  • Istiewa

VIVA Edukasi – Dalam pandangan Islam, zina atau hubungan seksual di luar nikah merupakan perbuatan yang dapat mendatangkan dosa besar bagi para pelakunya. Bahkan hukumannya dalam penerapan syariat Islam pun tidak main-main.

Top Trending: Pertamina Bebastugaskan Karyawan Viral hingga Sosok Pimpinan Jemaah Aolia

Belakangan media sosial dihebohkan dengan video seorang wanita asal Aceh yang sedang menjalani hukuman cambuk sebanyak 100 kali. Hal ini merupakan penerapan syariat Islam sesuai Alquran Surat an-Nur ayat 2.

Ilustrasi berzina.

Photo :
  • U-Report
Banyak Utang Tapi Bagi-bagi THR saat Lebaran? Ini Kata Buya Yahya

Namun, penting juga dicatat bahwa dalam Islam sendiri terdapat upaya-upaya preventif yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya zina, seperti menutup aurat, menjauhi pergaulan bebas, menikah dan sebagainya.

Selain itu, jika seseorang telah melakukan zina, Islam juga memberikan kesempatan untuk mereka bertaubat dan memperbaiki diri, kemudian berjanji tidak mengulangi perbuatannya lagi.

Unggah Foto Umroh Bareng, Sunan Kalijaga: Kembalikan Iman Islam Salmafina

Namun, seringkali ditemui informasi yang menyampaikan bahwa amal ibadah pelaku zina tidak akan diterima oleh Allah SWT selama 40 tahun. Lantas, benarkah demikian? Mari simak penjelasan Buya Yahya pada halaman berikutnya:

Menanggapi kabar tersebut, Buya Yahya menegaskan terkait amal ibadah yang dilakukan pelaku zina tidak diterima oleh Allah SWT selama 40 tahun adalah berita bohong yang tidak dapat dipertanggung-jawabkan kebenarannya.

“Tidak benar, sholatnya orang berzina tidak diterima 40 tahun itu adalah hadis dusta atau palsu. Biasanya pembawa-pembawa pesan begitu orang yang tidak berilmu,” ujar Buya Yahya dikutip VIVA dari YouTube pribadinya Senin, 27 Maret 2023.

Pengasuh Pondok Pesantren Al Bahjah itu menyayangkan pandangan-pandangan menyimpang tersebut masih banyak beredar di masyarakat. Menurutnya hal ini dapat mengendurkan semangat pelaku zina yang ingin bertaubat.

“Sudah berzina (dibilang) nggak boleh sholat, kan kacau tambah bahaya banget. Nggak ada! Orang berzina (tetap) dibuka pintunya oleh Allah SWT untuk bertobat, mau sholat silahkan (boleh),” jelasnya

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk benar-benar mencari sumber informasi terpercaya dan tidak mendengarkan fatwa-fatwa demikian. Menurutnya apabila pelaku zina mempercayai pendapat tersebut maka, dikhawatirkan mereka akan semakin menjauhkan diri dari Allah SWT.

“Jangan dibiasakan denger fatwa-fatwa begitu, itu membahayakan sekali. (sholatnya orang berzina tetap) Diterima!” imbuhnya

“Ini kan bahaya, udah jarang ngaji, ngaco, sudah zina terus dibilang 40 tahun (amal kebaikannya) tidak diterima, nanti (pelaku zina) malah tambah nggak sholat dong, nauzubillah,” pungkas Buya Yahya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya