IPB Terima 2.622 Mahasiswa Baru Melalui Jalur SNBP 2023, Catat Jadwal Daftar Ulang dan Caranya

Institut Pertanian Bogor (IPB)
Sumber :
  • Facebook - Institut Pertanian Bogor (IPB)

VIVA Edukasi – Institut Pertanian Bogor (IPB) menerima sebanyak 2.622 mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023.

Kapolri Tak Kasih Ampun Anak Buah yang Terlibat Judi Online, Bakal Dipecat

Sejak pertama kali pendaftaran dibuka pada 14 Februari 2023 hingga hasil seleksi jalur SNBP ini diumumkan pada 28 Maret 2023 pukul 15.00 WIB, total pendaftar SNBP 2023 IPB sebanyak 19.006 peserta.

Institut Pertanian Bogor (IPB)

Photo :
  • Facebook - Institut Pertanian Bogor (IPB)
Biang Kerok Gangguan Server PDN Masih Diinvestigasi, Menko Hadi: Sangat Teknis

Dari keseluruhan mahasiswa baru yang dinyatakan lolos, sebanyak 677 peserta merupakan mendaftar Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Nantinya seluruh peserta ini akan diverifikasi secara online untuk ditentukan sebagai penerima KIP Kuliah.

Melalui siaran langsung Instagram resmi IPB, Direktur Administrasi Pendidikan IPB, Utami Dyah Syafitri mengatakan bahwa peserta yang dinyatakan lolos IPB melalui jalur SNBP 2023 bisa segera melakukan daftar ulang hari ini, Rabu, 29 Maret 2023.

Uang Kuliah Mahal, Politik Pendidikan Melanggar Hukum!

Dokumen registrasi daftar ulang tersebut dapat diunduh pada laman registrasi.admisi.ipb.ac.id Selanjutnya, peserta yang dinyatakan lolos dapat mengunggahnya kembali pada laman yang sama mulai hari ini hingga Rabu, 5 April 2023.

Adapun berkas yang perlu di-upload mahasiswa selain dokumen registrasi adalah: nilai rapor, kartu keluarga, akta kelahiran dan sertifikat vaksin (tidak wajib). Kemudian isi formulir yang diminta, seperti biodata. Lalu peserta diharuskan meng-upload foto berlatar belakang putih atau merah.

Selanjutnya berkas yang diunggah tersebut akan diverifikasi IPB sampai tanggal 17 April 2023. Di tanggal tersebut calon mahasiswa diharuskan mengecek kembali laman admisi.ipb.ac.id untuk mengetahui besaran biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang harus dibayar.

“Biaya UKT berdasarkan penghasilan kotor orang tua dan faktor lain. Calon mahasiswa yang diterima di jalur SNBP 2023 dan UTBK SNBT 2023 tidak dikenai uang pangkal. Jadi hanya bayar UKT saja,” jelas Utami

Kemudian, lanjut dia, pembayaran UKT dapat dilakukan mulai 26 April 2023 hingga 5 Mei 2023. Dia menegaskan, calon mahasiswa akan resmi dianggap sebagai mahasiswa IPB apabila telah menyelesaikan dua tahap di atas, yakni daftar ulang secara online dan melakukan pembayaran UKT.

Utami menambahkan dari 2.622 peserta yang dinyatakan lolos jalur SNBP 2023 terdapat beberapa rincian, di antaranya 1.777 peserta diterima dalam program Sarjana dan 845 lainnya diterima di Sekolah Vokasi baik D3 maupun D4.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya