Yudi Nugraha Lasminingrat Berterima Kasih Raden Ayu Lasminingrat Jadi Google Doodle 

Google Doodle Raden Ayu Lasminingrat, tokoh pendidikan perempuan asal Garut
Sumber :
  • google

VIVA Edukasi - Pada Rabu 29 Maret 2023 laman Google Doodle menampilkan tokoh pendidikan perempuan asal Garut, Jawa Barat, bernama Raden Ayu Lasminingrat. Raden Ayu ini juga dikenal sebagai sosok pahlawan emansipasi pada era 1990-an.

Kemunculan Raden Ayu Lasminingrat menjadi Google Doodle mengingatkan masyarakat luas, khususnya warga Garut, Jawa Barat. Terlebih keluarga dan keturunan dari Raden Ayu Lasminingrat.

Yudi Nugraha Lasminingrat ziarah ke Makam Raden Ayu Lasminingrat di Garut

Photo :
  • Diki Hidayat (Garut)
Google Launches No-cost AI Training Course for Teachers

Keturunan ke-6 dari Raden Ayu Lasminingrat, yaitu Yudi Nugraha Lasminingrat mengaku bangga dan bahagia karena Google telah mengangkat nama Raden Ayu Lasminingrat. 

Secara tidak langsung Google telah membantu perjuangan warga Kabupaten Garut untuk memperjuangkan Raden Ayu Lasminingrat sebagai Pahlawan Nasional.

Google Cari Alternatif Pengganti Password

"Jujur saya bangga dan bahagia karena buyut kami hari ini bisa masuk laman Google," ujarnya saat melakukan ziarah ke Makam Raden Ayu Lasminingrat, di Jalan Kabupaten, Rabu 29 Maret 2023.

Sementara keturunan Raden Ayu Lasminingrat lainnya yang merupakan kakak kandung Yudi, Oki Lasminingrat menjelaskan bahwa Raden Ayu Lasminingrat merupakan tokoh pendidikan di Indonesia. 

Sekolah yang dulu didirikan pada tahun 1907 dengan nama Sekolah Kautamaan Istri yang kemudian oleh Pemerintah Belanda disahkan pada 12 Februari 1913 dengan nama Vereeneging Kautaman Istri Scholen (sekarang SDN Regol).

Makam Raden Ayu Lasminingrat, tokoh pendidikan perempuan asal Garut, Jawa Barat.

Photo :
  • Diki Hidayat (Garut)

"Beliau dulu yang menggagas mendirikan lembaga pendidikan untuk warga pribumi," Katanya.

Lanjut Oki, Raden Ayu Lasminingrat merupakan sosok perempuan yang giat dalam bidang pendidikan, literasi dan pejuang emansipasi perempuan. Ayu Lasminingrat merupakan istri dari Bupati Garut pertama yaitu Raden Adipati Aria Wiratanudatar VIII.

"Semoga dengan hadirnya Lasminingrat di Google ini, bisa menjadi awal yang baik dalam proses diangkatnya RA Lasminingrat menjadi pahlawan nasional," pungkasnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya