Ini Ciri-ciri Orang yang Mendapat Malam Lailatul Qadar

Ilustrasi lailatul qadar
Sumber :
  • vstory

VIVA Edukasi – Malam lailatul qadar adalah malam yang lebih baik daripada malam dengan seribu bulan. 

Mumpung Ramadhan, Ammar Zoni Banyak Berdoa Agar Segera Bebas dari Penjara

Malam lailatul qadar diyakini terjadi pada sepuluh malam terakhir di bulan Ramadan. Meski begitu, tak ada yang tahu kapan malam tersebut akan datang. 

Pasalnya, malam lailatul qadar diyakini datang pada malam-malam ganjil di 10 hari terakhir Ramadan.

MIND ID Pastikan Beri Kemanfaatan Bagi Daerah Wilayah Kerja, Begini Caranya

Lailatul qadar.

Photo :
  • U-Report

Keterangan ini didasarkan dari hadits Rasulullah SAW yang menganjurkan umatnya mencari lailatul qadar. Artinya: "Carilah Lailatul Qadar di malam ganjil dari sepuluh malam terakhir di bulan Ramadan." (HR Bukhari)

Polisi Bagi Takjil Gratis Tapi Tak Ada Pengendara Melintas, Netizen: Anda Berkumpul, Kami Putar Arah

Keutamaan malam lailatul qadar terkandung dalam sejumlah Al Quran maupun hadist. Salah satunya dalam surah Al Qadr ayat 1-5. 

Artinya: "Sesungguhnya Kami menurunkan Al-Qur'an pada malam Lailatul Qadar, tahukah engkau apakah malam Lailatul Qadar itu? Malam Lailatul Qadar itu lebih baik dari seribu bulan, pada malam itu turunlah malaikat-malaikat dan Jibril dengan izin Allah Tuhan mereka (untuk membawa) segala urusan, selamatlah malam itu hingga terbit fajar."

Hal ini serupa dengan penjelasan Lembaga Fatwa Mesir, Mantan Rektur Universitas Al Azhar Mesir Syekh Ahmad Thayyib menggambarkan, lailatul qadar sebagai malam ampunan, diterimanya semua amal, dan dijauhkannya manusia dari api neraka.

Ilustrasi ibadah.

Photo :
  • U-Report

Bahkan, orang yang beribadah pada malam lailatul qadar akan diberi ganjaran berupa ampunan dosa-dosa yang telah dilakukannya terdahulu. 

Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa yang pada malam lailatul qadar mengerjakan ibadah dan berdoa dengan penuh keimanan yang dipersembahkan semata-mata untuk Allah, akan diampuni dari segala dosanya yang terdahulu dan yang akan datang." (HR Ahmad dan Thabrani).

Nah, dengan ini, banyak pertanyaan-pertanyaan yang muncul, salah satunya yaitu apa ciri-ciri orang yang mendapatkan malam qailatul qadar? 

Seperti diketahui, sebenarnya tak ada ciri-ciri khusus ketika seseorang yang mendapatkan malam Lailatul Qadar. Hal ini juga dijelaskan oleh Syaikh Khalid Al Mushlih di kanal YouTube Almosleh TV.

Menurutnya, orang-orang yang telah memperbanyak ibadah di sepuluh malam terakhir bulan Ramadan secara terus menerus maka akan meraih malam kemuliaan tersebut. 

Namun, mengutip laman resmi MUI Sulsel, Wakil Ketua Komisi Dakwah MUI Sulsel Dr. H. Usman Jasad MPd menjelaskan ada 4 tanda seseorang mendapatkan keberkahan Lailatul Qadar yang mungkin bisa terlihat. 

Empat tanda atau ciri-ciri tersebut adalah:

Ilustrasi amalan ibadah.

Photo :
  • U-Report

1. Semakin Meningkat Ketakwaan kepada Allah SWT

Seorang yang mendapatkan lailatulqadar akan semakin meningkat ketakwaannya dan ketundukan kepada Allah SWT.

2. Nikmat dalam Beribadah

Mereka yang mendapatkan malam lailatul qadar akan merasakan nikmat dan tenang dalam setiap salat dan ibadah lainnya.

3. Berusaha untuk Menjadi yang Terbaik

Lailatul qadar menjadikan seorang berubah menjadi lebih baik terutama hubungannya dengan Allah SWT maupun dengan sesama manusia.

4. Mentadabburi Al Quran

Salah satu ciri seorang mendapatkan lailatul qadar ialah selalu mentadaburi Al Quran atau berusaha untuk memahami dan mengamalkan isi Al Quran karena di bulan Ramadan Al Quran diturunkan oleh Allah SWT.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya