Rapat Senat Tetapkan Tiga Calon Rektor Unimed Periode 2023-2027

Rapat Senat Tetapkan Tiga Calon Rektor Unimed Periode 2023-2027
Sumber :
  • Dok. Unimed

VIVA Edukasi - Ketua Senat Universitas Negeri Medan (Unimed), Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd memimpin rapat penyaringan Calon Rektor Unimed periode 2023-2027, yang diikuti 52 anggota senat Unimed dan perwakilan Kemendikbudristek RI, berlangsung di Ruang Sidang A, Lantai III Gedung Administrasi Kampus Unimed, Kamis 13 April 2023.

Unimed Terima 2.621 Mahasiswa Baru Melalui Jalur SNBP 2024

Dalam rapat senat ini, keempat calon rektor tersebut, diberikan kesempatan untuk menyampaikan visi misi. Keempat calon Rektor yang menyampaikan visi dan misi, yaitu, Dr. Marice, M.Hum., Dr. Jamalum Purba, M.Si., Dr. Erond Litno Damanik, M.Si. dan Prof. Dr. Baharuddin, ST., M.Pd. 

Dalam paparannya, Dr. Marice, M.Hum. menyampaikan visi untuk menciptakan Unimed menjadi pusat unggulan dalam menghasilkan lulusan berkarakter, mengembangkan inovasi industri dan budaya untuk pembangunan ekonomi bangsa. 

Korban Pelecehan Rektor Nonaktif UP Surati DPR hingga Menko Polhukam, Minta Hal Ini

Universitas Negeri Medan (Unimed)

Photo :
  • unimed.ac.id

Dengan misi untuk mengembangkan dan menerapkan inovasi pendidikan dan pembelajaran untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan berkarakter dalam mewarnai perubahan.

Tawuran Brutal Mahasiswa FT dan FIK Unimed Medan, Ternyata Ini Pemicunya

"Mengembangkan inovasi industri melalui riset masa depan dengan pendekatan inter disiplin, multidisiplin dan trans disiplin. Menerapkan budaya jujur dan komitmen kebersamaan, untuk kemandirian institusi dan socio-technopreneurship dan menerapkan manajemen modern sehingga Unimed, menjadi tempat yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar dan bekerja," ucap Marice.

Dr. Jamalum Purba, M.Si. mengungkapkan tetap melanjutkan visi Unimed sebelumnya menjadi Universitas yang unggul di bidang Pendidikan, Rekayasa Industri dan Budaya. Dengan program kerja melanjutkan program kerja Rektor sebelumnya.

"Menghasilkan lulusan sebagai tenaga pendidik yang profesional dan berkarakter, Menghasilkan peneliti baik di bidang ilmu pendidikan maupun ilmu murni, Menghasilkan lulusan yang relevan dengan kebutuhan stakeholder bidangnya, Pelayanan berkualitas dan sistem komunikasi yang dibutuhkan bagi peningkatan kinerja SDM dan produktivitas stakeholder," jelasnya.

Dr. Erond Litno Damanik, M.Si. menyampaikan visinya menjadi Universitas bereputasi dan berkarakter atas Penyelenggaraan Tri Dharma, dengan misi Menyelenggarakan & mengembangkan Tri Dharma secara bertanggungjawab; Mengembangkan & memantapkan kerjasama atas research and teaching factory, dan Memantapkan afmoster akademik sehat & berintegritas.

Kandidat terakhir Prof. Dr. Baharuddin, ST., M.Pd. menyampaikan visinya Menjadi Universitas Unggul dan Berdaya Saing Global dalam Penyelengaraan Tridharma Perguruan Tinggi, serta Pengembangan IPTEKS dan Budaya. 

"Dengan melakukan peningkatan kualitas pengajaran dan pembelajaran, Peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, peningkatan kualitas sumber daya manusia, peningkatan efektivitas dan efisiensi pengelolaan institusi, Peningkatan kerja sama nasional dan internasional, Peningkatan keterlibatan masyarakat dan Mewujudkan program studi terakreditasi internasional," ucapnya.

Setelah menyampaikan visi misi, dilakukan penyaringan calon rektor melalui pemilihan yakni seluruh anggota senat untuk memilih secara tertutup di tempat pemilihan suara yang sudah ditentukan panitia pemilihan rektor. 

Kemudian, dilakukan pemilihan dan perhitungan kertas suara, perolehan suara terbanyak adalah Prof. Dr. Baharuddin, ST., M.Pd. mendapatkan 46 suara. Dr. Erond Litno Damanik, M.Si. memperoleh 3 suara, Dr. Marice, M.Hum. memperoleh 2 suara, dan Dr. Jamalum Purba, M.Si. memperoleh 1 suara. 

Setelah selesai acara penyaringan calon rektor, Ketua Senat Prof. Syawal Gultom menyampaikan rasa syukur, karena rapat senat hari ini dengan agenda penyaringan Calon Rektor Unimed Periode 2023 – 2027 berjalan dengan lancar, aman dan tidak ada kendala. 

"Maka hari ini, dalam rapat senat kita menetapkan dan mengesahkan tiga calon rektor hasil penyaringan yaitu Prof. Dr. Baharuddin, ST., M.Pd., Dr. Erond Litno Damanik, M.Si. dan Dr. Marice, M.Hum. Selanjutnya kita akan menyampaikan hasil penetapan Calon Rektor Unimed ini kepada Menteri Kemdikbudristek," ucap Syawal.

Syawal mengatakan pihaknya mengucapkan terima kasih kepada panitia yang bertugas dengan baik, seluruh anggota senat dan perwakilan kemendikbudristek yang ikut hadir mengikuti rapat senat hari ini. 

"Semoga semua tahapan Pemilihan Rektor Unimed dapat berjalan dengan lancar, sukses dan menghasilkan keputusan terbaik demi kemajuan Unimed ke depan menjadi kampus yang maju dan berkelas dunia, Amin," ucap Syamsul.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya