5 Peristiwa Penting Islam yang Terjadi di Bulan Syawal

Ilustrasi Nabi Muhammad hendak berperang.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Edukasi – Syawal merupakan satu di antara bulan istimewa. Terlebih pada 1 Syawal, umat muslim di seluruh dunia merayakan Idulfitri. Selain perayaan Idulfitri, ada banyak kejadian bersejarah yang terjadi di bulan Syawal dan bisa menjadi pembelajaran tersendiri bagi umat muslim.

Deretan Negara Ini Ternyata Tidak Miliki Masjid, Ada Negara Tak Terduga!

Saat bulan Syawal, umat muslim dianjurkan untuk lebih meningkatkan ibadah dan amalan kepada Allah Swt. sesuai yang telah dibakar Rasulullah. Lantas, apa saja kejadian bersejarah yang terjadi pada bulan Syawal dan dapatkah umat muslim mengambil pelajarannya?

Ilustrasi Bulan.

Photo :
  • Getty Images
5 Negara Muslim Ini Secara Data Bisa Gilas Israel, Nomor 3 Tak terduga!

Berikut daftar peristiwa sejarah penting dalam Islam yang terjadi di bulan Syawal yang VIVA lansir dari berbagai sumber sebagai berikut:

1. Perang Uhud

Berkembang Pesat, Modest Fashion Indonesia Sudah Pantas Jadi Kiblat Fesyen Dunia?

Perang Uhud yang pecah pada 15 Syawal, yakni tiga tahun setelah hijrahnya Rasulullah saw. Sebanyak 700 pasukan muslim berhadapan dengan 3.000 pasukan musyrik.

Awalnya, umat Islam mendominasi jalannya pertempuran. Orang-orang musyrik terdesak sehingga meninggalkan harta benda yang mereka bawa. Di sini sekelompok pasukan muslim yang bertugas sebagai pemanah di puncak-puncak bukit, lengah.

Khalid bin Walid yang saat itu masih kafir melihat celah itu lalu kemudian menyerang sisi pemanah sehingga pasukan Islam kocar-kacir. Kekalahan ini menyebabkan Rasulullah terluka parah.

Kejadian ini terekam dalam Q.S. Ali Imran: 121. Perang Uhud adalah satu di antara perang yang disebut-sebut dalam Al-Qur'an sebagai satu di antara ujian ketaatan kepada sunah dan ajaran Nabi Muhammad.

2. Perang Khandaq

Ilustrasi perang di zaman Nabi.

Photo :
  • U-Report

Perang Khandaq terjadi pada bulan Syawal lima tahun setelah Rasulullah saw. hijrah. Pada perang Khandaq, Salman Al-Farisi mencetuskan sebuah strategi pembuatan parit yang dalam dan lebar untuk menghalau musuh.

Rasulullah menyetujui ide ini setelah berunding dengan para sahabat. Bahkan, Rasulullah dengan tangannya sendiri ikut bersama-sama membangun parit pertahanan itu.

Total pasukan Muslim mencapai 3.000 orang, sedangkan pasukan sekutu kaum musyrik sebanyak seribu orang. Dalam perang ini, kubu musyrik mengalami kekalahan karena diterjang angin puyuh setelah menunggu lama di luar parit.

3. Nabi Muhammad SAW  berdakwah ke Thaif

Masjid Addas di Thaif, Arab Saudi

Photo :
  • Media center haji

Nabi Muhammad saw. berdakwah sekaligus mencari suaka karena kerasnya permusuhan kafir Qurays setelah wafatnya Abu Tholib. Namun, beliau mendapatkan pengusiran dari warga Thaif.

Meski diusir, Nabi justru mendoakan warga Thaif. Inilah satu di antara akhlak mulia Rasulullah yang patut diteladani.

4. Perang Hunain

Ilustrasi Perang Hunain

Photo :
  • Tongkrongan Islami

Perang Hunain terjadi tahun ke delapan Hijriyah bulan Syawal. Saat itu, kaum muslim menghadapi suku Hawazin dan suku Tsaqif, dua suku yang tinggal sebelah timur laut Makkah, yang khawatir akan diserang pihak muslim juga setelah Fathul Makkah.

Dua pekan lamanya Perang Hunain berlangsung setelah Rasulullah berhasil memimpin kaum muslim dalam menaklukkan Makkah tanpa pertumpahan darah.

Dengan demikian, pasukan muslim di medan Hunain cukup diuntungkan dengan kondisi mental yang penuh kegemilangan.

Dari total 12 ribu pasukan muslim, sebanyak 2.000 di antaranya berasal dari dukungan Quraisy Makkah. Hasilnya, Perang Hunain dimenangi kaum muslim.

5. Pernikahan Rasulullah di Bulan Syawal

Kisah Pernikahan Nabi Adam dan Hawa dengan Maskawin Membaca Sholawat

Photo :
  • U-Report

Pada bulan Syawal, Rasulullah saw. melangsungkan pernikahan dengan Ummu Salamah di tahun kedua bulan Hijriyah pasca perang badar. Sebelumnya, Rasulullah juga menikahi Aisyah r.a. di tahun ke-10 kenabian pada bulan Syawal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya