Cara Daftar Beasiswa Pendidikan Indonesia 2023

Webinar Pembukaan Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) 2023
Sumber :
  • YouTube

VIVA Edukasi – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) membuka pendaftaran program Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) 2023. Program ini diluncurkan dengan tujuan untuk memperluas akses pendidikan bagi anak bangsa.

Kepala BPIP: Tidak Ada Alasan Menunda Pendidikan Pancasila untuk Diajarkan

“Salah satu semangat yang terus kami usung dalam Merdeka Belajar adalah memberikan hak untuk mendapatkan pendidikan belajar dan berkualitas pada seluruh masyarakat Indonesia,” ujar Mendikbudristek Nadiem Makarim dikutip dari YouTube Puslapdik Kemendikbudristek RI, Kamis, 4 Mei 2023.

Mendikbudristek Nadiem Makarim

Photo :
  • YouTube
Hari Ini 172 Kampus Muhammadiyah Serentak Gelar Aksi Bela Palestina dan Kutuk Israel

BPI sendiri adalah program beasiswa pemerintah Indonesia yang dikelola oleh Kemendikbudristek melalui pendanaan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau LPDP.

BPI menyediakan program beasiswa bergelar (degree) dan non-gelar (non-degree) yang diberikan kepada seluruh masyarakat Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 hingga S2 dengan universitas dalam maupun luar negeri.

10 Politeknik Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2024

“Pada tahun 2021 penerima BPI mencapai 2.000 orang lebih. Kemudian pada 2022, meningkat dua kali lipat hingga 4.000 lebih penerima, ungkap Nadiem

Cara daftar Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) 2023

Persyaratan dan ketentuan peserta yang dapat mendaftar BPI 2023 dapat dilihat melalui buku panduan yang telah diterbitkan Kemendikbudristek melalui link yang telah disiapkan.

Cara mendaftar BPI 2023 dapat dilakukan dengan mengunjungi portal resmi berikut: ‘Beasiswa Pendidikan Indonesia’ kemudian klik menu Daftar bagi Anda yang belum memiliki akun.

Kemudian, lengkapi formulir pendaftaran dengan memastikan data yang dimasukkan telah benar, lalu klik Daftar. Langkah selanjutnya, anda dapat cek email untuk mengaktivasi akun dan menyelesaikan seluruh proses aktivasi.

Kemudian, lakukan login pada laman https://www.beasiswa.kemdikbud.go.id untuk mendaftar beasiswa. Kemudian lengkapi formulir registrasi beasiswa. Pastikan data yang Anda masukan sudah benar dan file berukuran maksimal 2 MB.

Selanjutnya submit data dan lakukan cetak kartu peserta beasiswa.

Webinar Pembukaan Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) 2023

Photo :
  • YouTube

Jadwal pendaftaran BPI 2023

Jadwal BPI 2023 dibagi menjadi dua periode, yakni pendaftaran beasiswa untuk perguruan tinggi dalam negeri dan perguruan tinggi luar negeri.

Jadwal pendaftaran untuk perguruan tinggi luar negeri diawali dengan mendaftar pda 2-31 Mei 2023 dengan seleksi administrasi dan wawancara dilakukan pada Juni 2023. Kemudian penempatan penerima dan registrasi ulang dilakukan Juli 2023 dan pemberkasan studi pada September 2023.

Adapun jadwal pendaftaran untuk perguruan tinggi dalam negeri diawali pada 2 Mei hingga 30 Juni 2023, seleksi administrasi pada Juli 2023, sinkronisasi data dengan perguruan tinggi dan seleksi wawancara pada Agustus 2023, serta penempatan penerima, registrasi ulang dan pembekalan studi pada September 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya