Profil Panji Gumilang, Pendiri Ponpes Al Zaytun Indramayu yang Kontroversial

Pimpinan Ponpes Al-Zaytun, Panji Gumilang
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVA Edukasi – Pondok Pesantren Al Zaytun Indramayu belakangan ini menjadi perbincangan hangat publik di media sosial lantaran sejumlah kontroversi yang mereka buat. Ada banyak hal yang tidak sesuai syariat Islam yang diterapkan oleh Ponpes Al Zaytun Indramayu tersebut. 

Sosok Arj Barker, Komika yang Dihujat Gegara Usir Ibu Menyusui saat Acara Stand-Up Comedy

Mulai dari mencampurkan shaf antara perempuan dan laki-laki ketika salat Idul Fitri 2023 kemarin, adzan yang dianggap tidak sesuai syariat karena pakai gerakan, hingga yang terbaru memperkenalkan salam Kristen di depan mantan wakil bupati Indramayu, Lucky Hakim. 

Karena memiliki berbagai kontroversi tersebut, pimpinan Ponpes Al Zaytun Indramayu, Panji Gumilang menjadi sorotan publik. Banyak orang yang penasaran dengan sosok tersebut karena mengajarkan sesuatu yang berbeda dari penganut agama Islam kebanyakan. 

Sekolah Rentan Bencana Capai 57 Persen, Kemendikbud: Waspada!

Profil Panji Gumilang

Pimpinan Ponpes Al-Zaytun, Panji Gumilang

Photo :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin
Waktu Pendaftaran Mahasiswa Baru Institut Teknologi PLN Tahun 2024/2025 Diperpanjang

Prof. Dr. (HC). AS Panji Gumilang, MP atau yang biasa dipanggil Syekh Panji Gumilang adalah seorang pria kelahiran Gresik, 30 Juli 1946. Panji Gumilang kemudian mendirikan Yayasan Pesantren Indonesia untuk kemudian membangun Ponpes Al Zaytun pada Agustus 1996. \

Pembelajaran pertama kali dilaksanakan pada tahun 1999. Tepatnya pada tanggal 1 Juli 1999. Ketika itu, Presiden ke-3 RI BJ Habibie meresmikan secara langsung Pondok Pesantren Al Zaytun Indramayu pada tanggal 27 Agustus 1999. 

Pendidikan Panji Gumilang

Pimpinan Ponpes Al-Zaytun, Panji Gumilang

Photo :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

Masa kecil Panji Gumilang dilewati dengan belajar di Sekolah Rakyat (SR) pagi hari dan belajar mengaji di sore harinya. Setelah lulus dari SR, Panji Gumilang melanjutkan pendidikan ke Pondok Pesantren Modern Gontor. 

Setelah menempuh pendidikan di sana pada tahun 1966, Panji melanjutkan pendidikan ke IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan mengambil jurusan Sastra dan Kebudayaan Islam di Fakultas Adab. Selain itu, dia juga tercatat aktif di HMI cabang Ciputat. 

Aktif Berorganisasi

Pimpinan Ponpes Al-Zaytun Panji Gumilang dan Wakil Bupati Indramayu Lucky Hakim

Photo :
  • Tangkapan layar Instagram @say.kocak

Sebagai alumni, Panji sempat menjabat sebagai Ketua Ikatan Alumni UIN Syarif Hidyatullah selama dua periode (2006-2013). Kemudian, Panji juga aktif sebagai Petugas Rabithoh 'Alam Islami yang ditugaskan di Majlis Ulama Islam Malaysia Sabah bahagian Da'wah (1982-1989). 

Selain itu, Panji Gumilang juga menjadi Presiden PERKISA (Perhimpunan Keluarga Besar Indonesia Sabah Malaysia) selama dua periode (1982-1989).

Raih Gelar Doktor dari Universitas yang Berbasis di Inggris dan AS

Panji Gumilang alias Abu Toto

Photo :

Dalam perjalanannya, Panji Gumilang berhasil mendapatkan gelar doktor honoris causa yang diberikan oleh International Management Centres Associaton Revans University, yang merupakan universitas berbasis di Inggris dan Amerika Serikat. 

Dr Anthony Hii yang menjabat sebagai Regional Director and Associate Professor IMCA mengatakan beberapa pertimbangan soal penganugerahan gelar tersebut. Salah satunya menilai Panji berjasa dalam membuat perubahan dan transformasi pendidikan di Indonesia. 

Dihubungkan dengan Imam NII

Pemeriksaan Panji Gumilang

Photo :
  • ANTARA/ Dhoni Setiawan

Nama Panji Gumilang belakangan ini tengah menjadi kontroversi di media sosial. Dia bahkan disebut-sebut sebagai Imam Negara Islam Indonesia (NII) Komandemen Wilayah (KW) 9 pada 2011. Tapi, dia membantah dirinya sebagai Abu Toto seperti yang dikatakan petinggi NII KW 9. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya