Ini Petunjuk Rasulullah Bagi Kehidupan Manusia Modern

Ilustrasi kehidupan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Edukasi – Tak dipungkiri jika di era sekarang ini kehidupan manusia semakin maju dan modern, apalagi tekhnologinya yang semakin berkembang pesat. Hal ini pun mengantarkan manusia pada perubahan perilaku hidup yang sangat signifikan.

Gerhana Matahari Bisa 'Mengocok' Emosi Manusia sampai Mewek

Meski banyak manfaat atas kemajuan ini, justru manusia modern seolah kehilangan jadi diri, tak mengerti arah dan tujuan sebenarnya mengapa mereka diciptakan dan dilahirkan di dunia fana.

Masalah-masalah sosial banyak dilahirkan di era modern, seperti bergesernya nilai-nilai kemanusiaan yang semakin individualis, hedonis, dan materialistis.

Ngeri, Puasa Ramadhan Seumur Hidup Bisa Tak Dapat Pahala, Jika…

Ilustrasi gadget merenggut kehidupan.

Photo :
  • U-Report

Berkaitan krisis nilai inilah, Islam mengingatkan "sangkan paraning dumadi" (awal dan akhir penciptaan manusia). Artinya dari mana mereka diciptakan, untuk berbuat apa, dan kemana mereka akan kembali.   

AI Bisa Tahu Hidup dan Mati Manusia

Allah swt dengan tegas menyatakan dalam Al-Qur'an:  “Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah  kepada-Ku.” (QS Ad-Dzariyat: 56).

Syekh Abul Abbas Ahmad bin Yusuf AsySyaibani Al-Kawasyi, dalam kitab Tafsir Kabirnya, seperti dikutip oleh Ibnu Allan dalam Dalilul Falihin mengatakan bahwa Allah tidak menciptakan makhluk dan tidak mengutus para Rasul secara main-main, akan tetapi mereka semua diciptakan karena tujuan yang sangat besar dan mulia, yaitu menyembah Allah dan tidak menyekutukan-Nya. (Ibnu Allan, Dalilul Faihin, [Beirut,Darul Ma'rifah: 2004], juz I, halaman 33).

Lebih lanjut, dalam ayat berikutnya Allah menegaskan, “Aku tidak menghendaki rezeki sedikitpun dari mereka dan tidak menghendaki agar mereka memberi makan kepada-Ku.” (QS Ad-Dzariyat: 57).

Manusia diciptakan bukan untuk mengumpulkan harta sebanyak-sebanyaknya, dan bukan diciptakan hanya untuk bersenang-senang. 

Penjelasan ini sangat jelas bahwa manusia diciptakan di dunia hanya dengan satu tujuan, yaitu untuk menyembah Allah swt. 

Karenanya, wajib bagi manusia untuk bersungguh-sungguh dalam beribadah. Karena dunia hanya rumah sementara yang tidak kekal dan abadi. Allah menjelaskan, bagaimana dunia berubah dan menghilang dengan sangat cepat melalui firman-Nya: 

Sesungguhnya perumpamaan kehidupan dunia adalah ibarat air yang Kami turunkan dari langit, lalu tumbuhlah karenanya macam-macam tanaman bumi yang (dapat) dimakan oleh manusia dan hewan ternak. Hingga apabila bumi itu telah sempurna keindahannya, terhias, dan pemiliknya mengira bahwa mereka pasti menguasainya (memetik hasilnya), datanglah kepadanya azab Kami pada waktu malam atau siang. Lalu, Kami jadikan (tanaman)-nya seperti tanaman yang sudah disabit, seakan-akan belum pernah tumbuh kemarin. Demikianlah Kami menjelaskan secara terperinci ayat-ayat itu kepada kaum yang berpikir. Demikianlah hakikat kehidupan dunia yang berubah sangat cepat, silih berganti tanpa dapat dihindari. Maka manusia yang cerdas adalah mereka yang menjadikan kehidupan dunia ini sebagai ladang ibadah dan amal untuk bekal di akhiratnya. (QS Yunus: 24).

Ilustrasi kehidupan.

Photo :
  • U-Report
  

Imam An-Nawawi dalam mukadimah Kitab Riyadhus Shalihin mengutip syair Arab yang mengatakan:

Sesungguhnya Allah mempunyai hamba-hamba cerdas, mereka meninggalkan dunia dan takut akan fitnahnya. Ketika mereka melihat dan mengetahui, bahwa dunia bukanlah tempat hidup abadi,  maka mereka menjadikan dunia bagaikan lautan, dan amal-amal saleh sebagai perahu layarnya. (An-nawawi, Riyadhus Shalihin pada Dalilul Falihin, [Beirut, Darul Ma'rifah: 2004], juz I, halaman 37-38).    

Syair ini memberi perumpamaan bahwa manusia hidup di dunia hanya sementara. Sebagai hamba yang cerdas dan mengetahui hakikat ini, mereka menjadikan dunia ibarat lautan samudera dan amal salih sebagai kapal kendaraan menuju ke kehidupan abadi, yaitu kehidupan akhirat.   

Rasulullah saw pernah berpesan kepada sahabat Abdullah bin Umar: 

Diriwayatkan dari Ibnu Umar ra: “Rasulullah saw memegang kedua pundakku seraya berpesan: “Jadilah engkau di dunia ini seakan-akan orang asing atau pengembara.” (HR Al-Bukhari).    

Dari ulasan-ulasan di atas bisa disimpulkan bahwa, sesungguhnya hakikat kehidupan dunia hanyalah sementara. Ibarat musafir berhenti dan istirahat sejenak di bawah rindangnya pohon, kemudian meninggalkannya. Semoga kita bisa memetik hikmah dari penjelasan diatas, dan menyiapkan bekal untuk di akhirat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya