PTM Kembali Aktif, Sun Life Dorong Kesadaran Kesehatan Anak di Sekolah

Ilustrasi anak sekolah/belajar.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Edukasi– Memperingati HUT ke-28 tahun, Sun Life Indonesia mendorong edukasi kesadaran kesehatan bagi anak-anak di lingkungan sekolah. Sun Life Indonesia mengadakan Program Sekolah Bersinar yaitu Bersih, Sehat, Indah, dan Ramah Anak yang bermitra dengan Wahana Visi Indonesia. 

Harmoni Energi Sehat Menyuarakan Pesan Kesetaraan dalam Pelayanan Kesehatan

Program ini didukung oleh Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta dan melibatkan puluhan karyawan perusahaan yang bergerak sebagai relawan. Program Sekolah Bersinar dilakukan pertama kalinya di SDN Cipinang Muara 18 melalui sejumlah kegiatan seperti penyerahan donasi guna merevitalisasi sarana penunjang kesehatan sekolah, sesi edukasi mengenai kesehatan, gizi, dan gaya hidup aktif bagi para murid.

Program Sekolah Bersinar juga diberikan merespons kondisi pembelajaran tatap muka yang telah diaktifkan kembali di Indonesia. Sun Life Indonesia mendorong kepada seluruh pihak untuk memperhatikan kondisi kesehatan anak mengingat gaya hidup berisiko yang mengancam generasi muda masih terus meningkat. 

Tantrum Anak Bukan Hal Seram! Ini Rahasia Mengatasinya dengan Bijak

Sun Life.

Photo :
  • Dokumentasi Sun Life.

Fakta ini didukung oleh temuan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) 2018 lalu mengenai kondisi kesehatan pada anak usia sekolah dan remaja yang menunjukkan bahwa sebanyak 50 persen anak dan remaja Indonesia memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan manis, 32 persen dari mereka juga lebih banyak mengonsumsi makanan asin, 11 persen mengonsumsi makanan instan, dan 78 persen mengonsumsi makanan berpenyedap.

10 Kampus Bisnis Terbaik Dunia Tahun 2024

Tak hanya itu, studi dari The 2022 Indonesian Report Card on Physical Activity for Children and Adolescents juga mengungkapkan fakta bahwa kurang dari 20 persen anak dan remaja Indonesia bergerak aktif secara fisik. Oleh karena itu, upaya promosi kesehatan di lingkungan sekolah perlu mendapat perhatian lebih untuk mencegah kondisi ini semakin memburuk.

Chief Marketing Officer Sun Life Indonesia Shierly Ge  mengatakan, selama 28 tahun hadir di tengah-tengah keluarga Indonesia, pihaknya terus menjalankan komitmen #MakeLifeBrighter untuk membantu jutaan keluarga Indonesia menjalani hidup yang lebih sehat, baik secara fisik, mental, dan finansial. 

"Kami merayakan momen HUT Sun Life Indonesia ke-28 dengan melaksanakan Program Sekolah Bersinar. Hal ini juga merupakan salah satu wujud nyata dari komitmen keberlanjutan kami yang berfokus pada penyediaan prasarana penunjang gaya hidup aktif dan sehat di lingkungan sekolah," ujar Shierly dikutip dari keterangannya, Minggu, 14 Mei 2023.

Dalam Program Sekolah Bersinar, Sun Life Indonesia menyalurkan donasi revitalisasi sejumlah sarana penunjang aktivitas Sekolah Sehat. Seperti Unit Kesehatan Sekolah (UKS) beserta peralatannya, lapangan olahraga, dan kebun gizi.

Dengan dibantu oleh kelompok relawan yang merupakan karyawan Sun Life Indonesia dan tergabung Sun Community, program ini juga memberikan pemeriksaan kesehatan dasar bagi para murid, serta edukasi mengenai perilaku hidup bersih dan sehat dan pembiasaan makan dan minum dengan gizi seimbang lewat pembagian sarapan sehat.

General Manager Zonal Sumatera, Nusa Tenggara Barat, Jawa (Sambawa) Wahana Visi Indonesia Johny Noya menambahkan, pihaknya berfokus pada anak sebagai kelompok rentan yang bermitra dengan Sun Life, akan membantu mendorong partisipasi anak melalui pelaksanaan dokter kecil dan memaksimalkan fungsi UKS kegiatan edukasi gizi dan perilaku hidup bersih dan sehat dengan cara yang menyenangkan.

WVI juga akan membantu edukasi imunisasi dasar bagi anak usia sekolah, serta implementasi program aktivitas fisik Build Our Kids Success yang telah diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada 2021 lalu oleh Sun Life dan WVI. 

Sementara itu Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah I Jakarta Timur Muhammad Fahmi menambahkan Kemendikbudristek telah mencanangkan kampanye Sekolah Sehat berupa Revitalisasi Unit Kesehatan Sekolah (UKS) melalui Trias UKS, yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat. 

“Maka itu, kami mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kemitraan serta dukungan Sun Life Indonesia dan Wahana Visi Indonesia atas pelaksanaan Program Sekolah Bersinar di SDN Cipinang Muara 18," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya