5 Mahasiswa UMJ Peraih Medali di SEA Games 2023 Dapat Penghargaan dari Kampus

5 Mahasiswa UMJ Peraih Medali di SEA Games 2023 Dapat Penghargaan dari Kampus
Sumber :
  • Istimewa/VIVA/Beno

VIVA Edukasi – Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) memberikan apresiasi kepada 5 mahasiswanya yang  sukses membawa medali di ajang Sea Games 2023 di Aula Kasman Singidimedjo FISIP UMJ, Jakarta, Rabu (24/5/2022).

Brigjen Nurul Bicara Strategi STIK Lemdiklat Cetak Pemimpin Polri yang Mumpuni

Pemberian apresiasi dihadiri oleh seluruh jajaran Rektor UMJ, Warek I, Warek II, Warek III, Warek IV, Dekan dan Wadek seluruh Fakultas, serta seluruh civitas akademika UMJ.

Rektor UMJ Dr. Ma’mun Murod, S.Sos., M.Si., menegaskan bahwa Muhammadiyah banyak melahirkan kader atlet berprestasi baik padan bidang olahraga dan bidang lainnya. Tentu saja hal ini menjadi kebanggaan bagi UMJ dalam melahirkan banyak Atlet nasional maupun Internasional.

10 Kampus Bisnis Terbaik Dunia Tahun 2024

"Muhammadiyah banyak melahirkan atlet-atlet berprestasi terutama pada cabang olahraga. Hampir semua Atlet UMJ meraih juara, tentu kedepannya UMJ dapat melahirkan banyak atlet berprestasi," ujar Ma'mun dalam keterangannya yang dierima VIVA, jakarta, Kamis (25/5/2023).

5 Mahasiswa UMJ Peraih Medali di SEA Games 2023 Dapat Penghargaan dari Kampus

Photo :
  • Istimewa/VIVA/Beno
Mahasiswa Yahudi Ketakutan usai Demo Anti-Israel Merebak di Kampus-kampus New York

Selaras dengan itu, Ma'mun pun menyampaikan selain pentingnya prestasi di bidang non-akademik seperti olahraga maka perlu adanya pengembangan atlet-atlet muda UMJ agar semakin berkualitas. Menjelang Turnamen Catur yang akan dilaksanakan Juli 2023 mendatang Ma'mun berharap para atlet muda UMJ dapat ikut berkonribusi pada rangkaian milad UMJ sekaligus milad Muhammadiyah.

Pemberian apresiasi berupa uang tunai dan beasiswa kuliah S1 diberikan oleh Anggota Badan Pimpinan Harian (BPH UMJ) Drs. Ateng bersama jajaran Rektor dan Dekan Fakultas di lingkungan UMJ. Dilanjut dengan acara Talk Show bersama atlet internasional Sea Games 2023.

Pada acara Talk Show ini atlet Indonesia sekaligus mahasiswa UMJ diberi kebebasan bercerita mulai dari perjalanan awal bisa mewakili Indonesia di Ajang Sea Games 2023. Diawali dengan cerit panjang dari Alfadhila Ramadhan mahasiswa prodi manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang sukses meraih medali perak pertama untuk Indonesia.

Alfan bersama dengan Yazid Hanif Kurniawan, dan Riana Oktavia mengaku bersyukur telah terpilih menjadi atlet cabang olahraga (cabor) Kun Bokator mewakili Indonesia di SEA GAMES 2023. Meski banyak proses dan hambatan yang dilalui tidak membuat ketiganya putus asa untuk terus berjuang mengharumkan nama Indonesia khususnya UMJ.

Ungkapan rasa bangga pun turut di sampaikan Wahyu Setiawan dan Muhammad Ferarri mahasiswa Prodi Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Pendidikan (UMJ), Wahyu mengaku tidak menyangka dari sekian banyak atlet Indonesia dirinya terpilih mewakili Indonesia pada cabor Atletik di SEA Games 2023. Tercatat Wahyu dinobatkan sebagai Atlet pelari tercepat ke dua dengan kurun waktu 10, 29 detik setelah Muhammad Zohri atlet Atletik tercepat pertama Se-Indonesia dengan capaian waktu 10,03 menit.

Tidak hanya Wahyu, Ferarri di usianya yang terbilang cukup muda 19 tahun mengucapkan rasa syukurnya telah menjafi bagian dari TIMNAS muda Indonesia. Lahir dari keluarga atlet bola menjadikan Ferarri melabuhkan hatinya pada cabor sepak bola, sejak duduk dibangku Sekolah Dasar Ferarri ternya sudah memikiki bakat pada sepak bola.

Selain sukses pada bidang olahraga kelima mahasiswa UMJ itu pun tentu tidak melepaskan kewajiban dalam menuntut ilmu. Pentingnya pendidikan di Indonesia menjadi kunci utama dalam meraih kesuksesan meniti karir untuk masa depan. Tak lupa, mereka pun membagikan tips untuk mengatur pola hidup sehat dari padatnya jadwal latihan, pola hidup sehat sangat penting dilakukan untuk para atlet nasional maupun internasional. Dengan adanya fasilitas dokter gizi yang disediakan oleh pemerintah maka pola hidup sehat semakin terarah bagi para atlet Indonesia.

Di samping itu, Wakil Rektor I Dr. Muhammad Hadi, S.Kp., M.Kep., menyampaikan bahwa prestasi pada bidang non-akademik tentu sangat penting namun terlepas dari itu tetap yang harus diutamakan adalah pendidikan. Hadi berharap kepada mahasiswa atlet Indonesia untuk tidak berhenti kuliah hanya sampai pada jenjang S1 saja namun perlunya sampai ke jenjang S3. "Prestadi tentu utama tapi pendidikan paling utama," ungkap Hadi.

Selaras dengan itu, Warek IV Dr. Septa Candra, SH., MH. Bidang kemahasiswaan turut memberikan support dan motivasi kepada mahasiswa yang memperoleh banyak prestasi dimana tentunya UMJ akan sangat mengapresiasi kepada mahasiswa berprestasi. "Tentu kami para pimpinan berkomitmen untuk memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada mahasiswa yang berpreatasi. Tiada hari tanpa prestasi, tiada prestasi tanpa apresiasi," tutup Septa.

Rangkaian acara pemberian apresiasi pun turut dimeriahkan oleh penampilan para atlet Kun Bokator dengan menampilkan beberapa jurus cabor olahraga khas Kamboja tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya