10 Contoh Daftar Pustaka yang Baik untuk Dijadikan Referensi

Mahasiswa dan Skripsi
Sumber :
  • vstory

VIVA Edukasi – Daftar Pustaka merupakan bagian penting yang harus terlampir di ketika kamu sedang menulis karya ilmiah, seperti makalah akademis, skripsi, tesis, disertasi, maupun jurnal. Sebab, jika tidak ada daftar pustaka, karya ilmiah tentu tidak bisa dibuktikan atas dasar atau kebenarannya.

Membangun Masa Depan Pendidikan dengan Mendukung Renovasi Sekolah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), daftar pustaka merupakan daftar yang ada di dalam penyusunannya harus mencantumkan nama penulis, tahun terbit, judul karya tulis, informasi penerbit, dan keterangan lainnya yang ditempatkan pada bagian akhir suatu karya tulis atau buku dan dengan disusun berdasarkan abjad.

Mengerjakan skripsi.

Photo :
  • U-Report
Prodi Akuntansi Universitas Mercu Buana Raih Akreditasi Unggul

Sederhananya, daftar pustaka adalah tulisan yang berada di akhir sebuah karya tulis ilmiah, yang digunakan sebagai sumber atau referensi oleh seorang penulis.

Menulis daftar pustaka menjadi hal yang haru diperhatikan dan sifatnya penting ditulis secara baik dan benar. Tentu tujuannya untuk karya yang diterbitkan terhindar dari plagiat atau tidak dicap sebagai penjipla dari karya tulis.

Komisi X DPR: Kasus Magang di Jerman Tidak Tepat Digeneralisasi TPPO

Menulis daftar pustaka bisa dibilang bukanlah sesuatu yang mudah. Bagi kamu yang belum paham mengenai cara menulis daftar pustaka, tidak perlu risau. Berikut ini beberapa contoh daftar pustaka yang bisa kamu jadikan referensi sesuai kebutuhan, dikutip dari laman Bocahkampus dan Indonesiastudents, Jumat, 26 Mei 2023.

1. Contoh Daftar Pustaka dari Buku

Kurniawan, Tri. 2001. Konsep Pertumbuhan Ekonomi. Yogyakarta: Media Nusantara.

  • Dua Pengarang

Triyatno, A.H., dan Agung Barizi. 2000. Belajar Ilmu Statistika. Bandung: PT. Gramedia.

  •  Tiga Pengarang atau Lebih

Hermanto, Rudi, Budi Sudjarwo, dan Rangga Saleh. 2003. Bisnis dan Investasi. Yogyakarta: Laksana Putra.

2. Contoh Daftar Pustaka dari Jurnal

Junaed, Didi, Anton Agus Setyawan, dan Soepatini. 2016. Sikap Konsumen Terhadap Produk Bundling Agribisnis. Daya Saing, 18(1), 1 – 9.

3. Contoh Daftar Pustaka dari Internet

Supratman, Agung. 2010. Manfaat Internet Terhadap Bisnis dan Pemerintahan. www.manajemen.go.id/articles/keuangan.html (diakses tanggal 1 Januari 2019)

4. Contoh Daftar Pustaka dari Kumpulan Artikel

Agustian, Ary Ginanjar (Ed.). 2006. Linguistik dan Perkembangannya. Jakarta: Angin Selatan.

5. Contoh Daftar Pustaka dari Majalah atau Koran

Santriawan, Iwan. 14 November, 2015. Kyai Khos dan Kyai Khas. Lampung Post, hlm. 6.

Ilustrasi mengerjakan skripsi.

Photo :
  • U-Report

6. Contoh Daftar Pustaka dari Lembaga Negara

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1978. Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

7. Contoh Daftar Pustaka dari Dokumen Resmi Negara

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1990. Jakarta: PT Armas Duta Jaya.

8. Contoh Daftar Pusataka dari Tulisan Terjemahan

Ary, Jacobs. Tanpa Tahun. Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh Arif Furqon. 2010. Banjarmasin: Usaha Bersama.

9. Contoh Daftar Pustaka dari Skrispi, Desertasi, atau Tesis

Cahaya, Noor. 2006. Penerapan Prinsip Kerja Sama pada Tanya-Jawab di Pengadilan Negeri Banjarmasin. Skripsi tidak diterbitkan. Banjarmasin: PBSID, FKIP Unlam.

10. Contoh Daftar Pustaka dari Materi Seminar, Penataran, atau Lokakarya

Prasetyo, Agung. 2005. Tatakota Negara-Negara Berkembang. Makalah disajikan dalam Seminar Tatakota, Bappeda Jawa Timur, 1-2 September.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya