5 Kampus Tertua di Indonesia, di Urutan Berapa Perguruan Tinggi Kamu?

Gedung FMIPA Universitas Indonesia (ui.ac.id)
Sumber :

Jakarta - Ada sejumlah kampus tertua di Indonesia. Berdasarkan data statistik pada tahun 2022, terdapat setidaknya lebih dari 3000 perguruan tinggi tersebar di Indonesia.

Pilpres Usai, Mahfud: Perjuangan Belum Berhenti

Namun perlu diketahui ada beberapa kampus tertua di Indonesia. Selain itu juga, di antara beberapa kampus tersebut telah melahirkan mahasiswa-mahasiswa berprestasi.

Berikut beberapa kampus tertua di Indonesia, dihimpun dari berbagai sumber.

Prestasi Gemilang! Mahasiswa UI Juarai CIOB Global Student Challenge 2024

1. Universitas Indonesia

Universitas

Photo :
  • 1357552
Tim UI Torehkan Sejarah Baru di Kompetisi Pemrograman Tertua Dunia ICPC 2023

Universitas Indonesia atau sering dikenal UI merupakan kampus tertua dan menjadi perguruan tinggi pertama di Indonesia. Kampus tersbeut pertama kali di bangun pada 2 Januari 1849 berdasarkan Keputusan Gubernur Hindia-Belanda.

Kampus utamanya terletak di bagian Utara dari Depok, Jawa Barat tepat di perbatasan antara Depok dan wilayah Jakarta Selatan.

2. Institut Teknologi Bandung

ITB

Photo :
  • 636936

Institut Teknologi Bandung atau dikenal ITB, menempati urutan kedua sebagai kampus tertua di Indonesia. Perguruan Tinggi tersbeut pertama kali di bangun pada tahun 1920. Kampus ini berlokasi di Jl. Ganesha 10/12 -, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Sebelum menjadi ITB, kampus tersebut awalnya adalah 'Technische Hoogeschool te Bandoeng' Tercatat sudah sembilan kali ganti nama hingga akhirnya bertahan sampai sekarang dengan nama Institut Teknologi Bandung.

3. Universitas Islam Indonesia

Universitas

Photo :
  • 1382772

Universitas Islam Indonesia atau UII menempati urutan ketiga sebagai kampus tertua di Indonesia. Pertama kali di bangun pada 8 Juli 1945. Kampus tersebut berlokasi di Jalan Kaliurang, Krawitan, Umbulmartani, Kec. Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Ketika pertama kali didirikan, kampus tersebut awalnya memiliki empat fakultas diantaranya, Fakultas Agama, Fakultas Hukum, Fakultas Pendidikan dan Fakultas Ekonomi.

4. Universitas Gadjah Mada

Universitas

Photo :
  • 1475850

Universitas Gadjah Mada atau UGM menempati urutan keempat sebagai kampus tertua di Indonesia. Perguruan Tinggi alumni Jokowi tersebut pertama kali didirikan pada 19 Desember 1949. Ketika pertama kali dibangun kampus tersebut memiliki enam fakultas dan kini sudah 18 fakultas.

Dilihat dari sejarahnya, Universitas Gadjah Mada merupakan penggabungan dan pendirian kembali dari berbagai balai pendidikan, sekolah tinggi, perguruan tinggi yang ada di Yogyakarta, Klaten, dan Surakarta.

5. Universitas Nasional

Universitas

Photo :
  • 264300

Universitas Nasional atau UNAS menempati urutan kelima sebagai kampus tertua di Indonesia. Perguruan Tinggi tersebut pertama kali di bangun pada 15 Oktober 1949. Kampus tersebut berlokasi di Pasar Minggu, Kec. Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia.

Universitas Nasional sudah diletakan fondasi sejak tahun 1946 atas prakarsa cendekiawan terkemuka saat itu yang berhimpun dalam Perkumpulan Memajukan Ilmu dan Kebudayaan (PMIK). Meliputi Mr. Sutan Takdir Alisjahbana, R. Teguh Suhardho Sastrosoewignjo, Mr. Soedjono Hardjosoediro, Prof. Sarwono Prawirohardjo dan masih ada beberapa nama lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya