Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah, Mampu Hapuskan Dosa 2 Tahun

Ilustrasi puasa.
Sumber :
  • U-Report

Jakarta – Sebentar lagi umat muslim akan melaksanakan hari raya Idul Adha yang tahun ini bertepatan pada Kamis, 29 Juni 2023. Sebelum hari raya tersebut, ada dua hari yang disunnahkan bagi umat muslim menjalankan puasa sunah, yakni puasa tarwiyah dan puasa arafah.

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Puasa tarwiyah yakni pada 8 Dzulhijjah yang jatuh pada Selasa, 27 Juni 2023. Sementara puasa arafah pada 9 Dzulhijjah yang jatuh pada Rabu, 28 Juni 2023.

Wakil Sekretaris Lembaga Bahtsul Masail Pengurus Besar Nahdlatul (LBM PBNU) Alhafiz Kurniawan dalam tulisannya berjudul 'Keutamaan Puasa Tarwiyah 8 Dzulhijjah' menjelaskan bahwa motivasi dalam melaksanan puasa tarwiyah didasarkan pada sebuah hadits yang menyebutkan keutamaan puasa sunnah tarwiyah. 

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Puasa hari Tarwiyah dapat menghapus dosa setahun. Puasa hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun,” (HR Abus Syekh Al-Ishfahani dan Ibnun Najar).

Menurut keterangan Alhafiz, riwayat hadits ini oleh sebagian ahli hadits dipermasalahkan, karena memuat seorang perawi yang bermasalah. 

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Ilustrasi puasa.

Photo :
  • pixabay

Meski begitu, Alhafiz kemudian mengemukakan bahwa terdapat dalil lain yang menguatkan tentang dianjurkannya beramal saleh, terutama pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Termasuk amal saleh melaksanakan puasa sunnah. Di antara dalil itu adalah hadits riwayat Ibnu ‘Abbas ra dalam Sunan At-Tirmidzi:

Rasulullah SAW bersabda, ‘Tiada ada hari lain yang disukai Allah swt untuk diisi dengan ibadah sebagaimana (kesukaan-Nya pada) sepuluh hari ini,’” (HR At-Tirmidzi).

Hadits lain memperkuat anjuran amal saleh pada 10 hari pertama Dzulhijjah. Hadits berikut ini menunjukkan keutamaan amal saleh yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari. 

Dari Ibnu Abbas dengan kualitas hadits marfu'. ‘Tidak ada hari-hari di mana amal saleh lebih disukai Allah pada hari itu dari pada hari-hari ini, maksudnya sepuluh hari Dzulhijjah.’ Kemudian para sahabat bertanya, ‘Bukan pula jihad, ya Rasulullah?’ Rasul menjawab, ‘Tidak pula jihad di jalan Allah kecuali seorang lelaki yang keluar membawa diri dan hartanya kemudian ia pulang tanpa membawa apa-apa lagi,’" (HR Bukhari). 

Keutamaan puasa Arafah 

Ilustrasi puasa.

Photo :
  • U-Report

Puasa Arafah adalah puasa sunnah yang dilaksanakan pada hari Arafah, yakni tanggal 9 Dzulhijah. Puasa ini sangat dianjurkan bagi orang-orang yang tidak menjalankan ibadah haji.  

Dalam tulisan Khoirul Anam berjudul 'Puasa Tarwiyah dan Arafah' dijelaskan bahwa teknis pelaksanaan puasa sunnah Arafah sama dengan puasa-puasa lainnya. Adapun keutamaan puasa ini dapat ditemukan dalam hadits yang diriwayatkan Abu Qatadah rahimahullah, Rasulullah bersabda:

Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang, dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas” (HR Muslim).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya