Khutbah Arafah: Pesan Istimewa dari Jabal Rahmah

Jabal Rahmah di Arafah saat Wukuf
Sumber :
  • MCH 2022

Mekah – Habib Ali Hasan Al Bahar didapuk menyampaikan khutbah Arafah di tenda jemaah haji Indonesia saat melaksanakan wukuf, Selasa 27 Juni 2023.

Arab Saudi Gandeng Bill Gates Berikan Vaksin Polio pada Jemaah Haji

Dalam khutbahnya, selain menyampaikan bahwa perjalanan haji sebagai bukti cinta dan penghambaan kepada Allah, Habib Ali Hasan Al Bahar juga menjelaskan tentang pesan kesetaraan yang disampaikan Nabi Muhammad SAW beberapa abad silam di Arafah.

"Nabi Muhamad SAW dalam Haji Wada menyampaikan pesan-pesan Istimewa dari Jabal Rahmah. Dalam kesempatan itu Nabi Muhammad menyampaikan nilai-nilai kesetaraan, yang jauh mendahului Piagam PBB," kata Habib Ali Hasan saat Khutbah Arafah dengan tema Padang Arofah Padang Marifat, Sajadah Berhampar Berkah, Mekah, Selasa 27 Juni 2022. 

Meriah, Puluhan Ribu Jemaah Saksikan Peragaan Batik dan Launching Senam Haji Indonesia

“Semua kamu dari Adam dan Adam berasal dari Tanah. Tidak ada kemulian bagi Orang Arab atas Non Arab (Ajam), kecuali hanya karena ketaqwaannya, tidak ada kemuliaan bagi yang berkulit putih atas yang bekulit hitam kecuali hanya karena ketaqwaan," lanjutnya.

Nabi Muhammad SAW juga berdiri dan memanggil, “Wahai Abu Bakar, Wahai Orang Quraisy, Wahai Pemimpin, Kamu dan Bilal yang berasal dari Ethopia adalah saudara tidak ada perbedaan di antara kamu berdua, kecuali dalam ketaqwaan.”

Penasaran Senam Rahasia Jemaah Haji? Yuk, Intip 28 Ribu Jemaah Beraksi!

Beliau SAW juga mengatakan, “Wahai Umar Abu Hafsh Wahai Faruq (pemisah antara yang hak dengan Yang Bathil, Kamu dan Shuhaib Alrumi (Berdarah Romawi) adalah bersaudara”. Beliau juga berdiri di sana mengatakan: “Wahai Ali dan Salman Alfarisi (Berdarah Persia ) adalah Saudara”.

Padang Arofah menjadi saksi dihapusnya segala bentuk diskriminasi yang berarti telah mendahului Piagam PBB ratusan tahun. Dari Padang Arofah juga beliau mengumumkan bahwa praktik ekonomi yang dzalim dan buruk telah dihapus.

Dan praktek riba yang secara lantang beliau nyatakan telah dihapus adalah riba yang dilakukan oleh paman beliau Sayyidina Abbas RA. Ini menandakan bahwa beliau menjadikan keluarga beliau sebagai Teladan.

"Beliau juga tegas mengingatkan tentang Wanita harus diposisikan sebagaimana semestinya sebagai ciptaan Allah SWT yang mulia dan saudara kandung bagi laki-laki," papar Habib Ali Hasan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya