Menyelami Makna dan Hikmah Wukuf

Jemaah haji Indonesia mendengarkan khutbah Subuh jelang wukuf.
Sumber :
  • MCH 2023 | Lutfi Dwi Pujiastuti

Mekah - Jemaah haji Indonesia hari ini, Selasa 27 Juni 2023 sudah berada di Arafah untuk melaksanakan Puncak Haji 1444H/ 2023 M. Sebelum wukuf di Arafah di mulai, para jemaah haji sempat menjalankan shalat subuh berjamaah di tenda Misi Haji Indonesia di Arafah. 

Menag Yaqut: Haji 2024 Jadi yang Terbaik Sepanjang Kepemimpinan Presiden Jokowi

Setelah shalat subuh para jemaah mendengarkan khutbah Subuh dengan teman "Menyelami Makna dan Hikmah Wukuf"  bersama KH Dr Aris Ni'matullah.

Dalam kuliah subuh nya KH Aris mengungkapkan bahwa kesempatan wukuf di Arafah adalah waktu dan momen yang ditunggu-tunggu jutaan manusia, dimana banyak orang berharap dan menginginkan untuk bisa melaksanakan ibadah haji. 

Arab Saudi Gandeng Bill Gates Berikan Vaksin Polio pada Jemaah Haji

"Maka bersyukurlah kita yang ada di sini yang ada di tempat ini untuk bisa melaksanakan rukun Islam ke 5," katanya. 

Arafah adalah perjalanan panjang sejarah dimana tempat pertemuan Nabi Adam dan Ibunda Siti Hawa setelah sekian lama berpisah kemudian dipertemukan di Arafah.

Meriah, Puluhan Ribu Jemaah Saksikan Peragaan Batik dan Launching Senam Haji Indonesia

Arafah juga mengingatkan sejarah bukti keimanan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail dalam momentum penyembelihan Ismail yang kemudian diabadikan dalam ibadah Qurban juga dilakukan di padang Arafah. 

Jemaah haji melaksanakan wukuf di Arafah - Jabal Rahmah tahun 2023

Photo :
  • AP Photo/Amr Nabil

"Di Arafah apapun yang kita minta dan inginkan pasti dijamin Allah akan diijabah dan dikabulkan," kata KH Aris dalam khutbahnya. Tapi, lanjutnya, konsep do'a adalah sesuai dengan yang Allah inginkan bukan yang kita kehendaki dan bukan yang kita inginkan.

"Seluruh para Nabi, Rasul, dan orang-orang beriman berdoa di Arafah karena keberkahan tempat ini. Maka sudahkah kita berdoa dan meminta di tempat ini, di saat yg tepat dan di waktu yang tepat."

Perlu diketahui rangkaian wukuf di Arafah dijadwalkan akan dimulai dengan pembukaan oleh H. Cepi Supriatna dijadwalkan pukul 10.00 waktu Arab Saudi. Dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur'an oleh Rezy Ardiansyah. 

Berlanjut di pukul 11.05 WAS laporan dari Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah, Prof H Hilman Latief disambung kembali dengan sambutan duta besar RI, Dr H Abdul Aziz MA, kemudian sambutan dari Komis VIII DPR RI.

Berikutnya, pukul 12.00 WAS Menteri Agama sekaligus perwakilan dari Amirul Hajj, H Yaqut Cholil Quomas juga akan memberikan sambutannya. Dilanjutkan lagi dengan penjelasan tata cara wukuf oleh H Cepi Supriatna, serta pukul 12.30-13.00 WAS  khutbah wukuf akan dibawakan oleh Habib Ali Hasan Al Bahar.

Dilanjutkan dengan solat berjamaah jama qashar, dzikir  dan doa wukuf, hingga 10 Dzulhijjah atau 28 Juni 2023  pukul 19.00-19.20 WAS sholat berjamaah jama qashar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya