Lebih Tinggi Mana Kolesterol Daging Sapi atau Kambing?

Daging sapi
Sumber :
  • Times of India

Jakarta – Dalam menjaga kesehatan, khususnya kesehatan jantung, memahami kandungan kolesterol dalam makanan yang dikonsumsi menjadi salah satu yang sangat penting. Ketika membandingkan dua jenis daging populer yakni daging sapi dan daging kambing, sering muncul pertanyaan mengenai perbedaan kandungan kolesterol di antara keduanya. 

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Meskipun kandungan kolesterol dapat bervariasi, namun umumnya daging sapi memiliki kandungan kolesterol yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan daging kambing. Pada kali ini akan dijelaskan mengenai perbedaan tersebut dan pentingnya pemahaman akan kandungan kolesterol dalam daging yang dikonsumsi yang dihimpun dari berbagai sumber. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

Lebih Tinggi Kolesterol Daging Sapi atau Daging Kambing?

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

Daging sapi.

Photo :
  • U-Report

Secara umum, kandungan kolesterol dalam daging sapi dan daging kambing dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti jenis potongan daging, bagian tubuh hewan, jenis pakan yang diberikan, dan faktor genetik. Namun, secara umum, daging sapi cenderung memiliki kandungan kolesterol yang lebih tinggi dibandingkan dengan daging kambing.

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Dalam 100 gram daging sapi panggang (tanpa lemak), terdapat sekitar 70-90 miligram kolesterol. Sementara itu, dalam 100 gram daging kambing panggang (tanpa lemak), kandungan kolesterol berkisar antara 60-80 miligram. Perlu diperhatikan bahwa angka ini hanya perkiraan rata-rata, dan angka sebenarnya dapat berbeda tergantung pada berbagai faktor yang telah disebutkan sebelumnya.

Ilustrasi daging sapi

Photo :
  • Pixabay/webandi

Akan tetapi, meskipun daging sapi memiliki kandungan kolesterol yang sedikit lebih tinggi daripada daging kambing, penting untuk diingat bahwa kandungan kolesterol dalam makanan tidaklah menjadi satu-satunya faktor yang mempengaruhi kesehatan.

Pola makan secara keseluruhan, termasuk jenis makanan lain yang dikonsumsi bersama dengan daging, serta gaya hidup, sangat penting dalam menjaga keseimbangan kolesterol dan kesehatan secara keseluruhan untuk tubuh. 

Pada garis besarnya, perbedaan kolesterol daging sapi dan daging kambing ini tidaklah signifikan dan masih dalam kisaran yang relatif serupa. Jika kamu memiliki kekhawatiran terkait kolesterol, sebaiknya mengonsumsi makanan sehat lain untuk menjaga kaar kolesterol. Atau lebh baik berkonsultasi dengan ahli gizi atau profesional kesehatan untuk mendapatkan nasihat yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya