Mumi Berusia 3.000 Tahun Ditemukan Tertimbun Sampah

Ilustrasi mumi.
Sumber :
  • Pixabay

Peru – Para arkeolog di Peru berhasil menemukan mumi kuno berusia 3.000 tahun. Mumi tersebut tertimbun sampah dan hanya terlihat rambut dan tengkoraknya saja.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Penemuan ini berawal dari arkeolog yang melakukan penggalian di lokasi pembuangan sampah di ibu kota Lima. Kemudian mahasiswa dari Universitas San Marcos, yang membantu penggalian, melihat rambut dan tengkorak mumi tersebut.

Mumi Berusia 3.000 Tahun Ditemukan Tertimbun Sampah

Photo :
  • Istimewa
Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"

Saat penggalian, arkeolog Miguel Aguilar mengatakan telah memindahkan delapan ton sampah dari lokasi tersebut sebelum pencarian peninggalan bersejarah dimulai.

Dilansir dari BBC News, Sabtu, 1 Junli 2023, mumi yang tertimbun di tempat pembuangan sampah tersebut diperkirakan berasal dari zaman budaya Manchay.

Gandeng Sejumlah Kampus di Indonesia, Maxnovel Tumbuhkan Minat Baca Melalui Karya Fiksi

Manchay sendiri tinggal di daerah sekitar Lima modern dari 1.500 SM hingga 1.000 SM. Mereka dikenal membangun candi berbentuk U yang berorientasi pada sebelah timur atau matahari terbit.

Aguilar menjelaskan bahwa mumi ini ditempatkan di sebuah makam di tengah candi yang berbentuk U ini. Kemudian ia menjelaskan, bahwa jenazah ini ditata rata sebagai cerminan dari ciri khas kebudayaan Manchay dari "era formatif" sekitar 3.000 tahun yang lalu.

Karakteristik lainnya yaitu jenazahnya sendiri dibungkus kain yang terbuat dari kapas dan serat nabati.

Diduga Mumi Korban Persembahan

Mumi Berusia 3.000 Tahun Ditemukan Tertimbun Sampah

Photo :
  • Istimewa

Hal yang mengejutkan, para arkeolog memperkirakan bahwa mumi ini merupakan "korban" yang ditinggalkan atau dipersembahkan selama fase terakhir pembangunan candi berbentuk U ini.

Adapun mumifikasi sendiri dipraktikkan dan berkembang pada berbagai budaya di Peru sebelum kedatangan penjajah Spanyol saat melakukan perjalanan ke Amerika sebagai bagian dari penaklukan Spanyol.

Beberapa mumi dikubur, namun banyak juga yang masih dalam bentuk janin. Sementara lainnya dibawa keluar dan diarak selama festival atau perayaan penting.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya