Penampakan Pantai Pangandaran Membludak Diserbu Pengunjung Selama Libur Sekolah

wisatawan memenuhi pantai pangandaran
Sumber :
  • Istimewa

Pangandaran – Pantai Pangandaran masih jadi salah satu destinasi wisata pilihan selama mengisi libur sekolah. Para pengunjung dari berbagai kalangan memadati pantai eksotis ini mulai dari pagi hingga sore hari.

Dua WNI Batal Terbang ke Paris Akibat Boarding Pass dan Visa Tertukar, Kinerja Kedutaan Disorot

Dilihat dari unggahan akun TikTok Pangandaran_Info pengunjung yang memadati pantai didominasi oleh wisatawan lokal yang datang dari daerah sekitar dan luar daerah. Mereka tampak menikmati liburan dengan bermain air di tepi pantai.

Singapura Siap Sambut Kembali Wisatawan! STB dan GDP Venture Perbarui Kemitraan

Sejak lama, Pantai Pangandaran memang telah banyak diminati wisatawan. Selain dapat bermain air di tepi pantai, pengunjung juga bisa menaiki banana boat hingga berkendara motor ATV dan beberapa fasilitas lainnya.

Data Dinas Pariwisata Kabupaten Pangandaran mencatat, jumlah pengunjung Pantai Pangandaran mengalami peningkatan hingga 50 persen dibandingkan hari libur biasanya. Hal ini mengingat libur Idul Adha 1444 H/ 2023 M bertepatan dengan masa liburan sekolah.

Fakta-fakta WNA China Tewas Terjatuh di Kawah Ijen, Rok Tersangkut Pohon saat Foto

Kasat Polairud Polres Pangandaran, AKP Sugianto mengatakan per tanggal 26 Juni hingga 5 Juli kemarin, tercatat lebih dari 116.000 pengunjung datang berwisata ke Pantai Pangandaran.

Lebih lanjut, Sugianto mengungkapkan, pengunjung didominasi wisatawan lokal yang datang dari sejumlah daerah di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jabodetabek.

“Dari data dinas terkait mulai tanggal 26 (Juni) hingga kemarin ada sekitar 116.000 pengunjung yang masuk ke objek wisata Pangandaran, dengan didominasi wisatawan asal Jawa Barat. Hal ini tentu terjadi peningkatan dibandingkan hari biasanya," kata AKP Sugianto kepada wartawan Kamis, 6 Juli 2023.

Dia beranggapan, peningkatan jumlah pengunjung ini akan terus terjadi hingga musim liburan sekolah usai.

Salah satu wisatawan asal Tasikmalaya, Hadi (27) mengaku senang dapat kembali berlibur ke Pantai Pangandaran. Dia juga mengaku sangat menikmati waktu bersama keluarga dengan bermain air dan menikmati pemandangan.

"Sengaja memang sama keluarga berlibur ke Pangandaran. Senang bisa liburan bareng terus juga di sisi lain bisa lihat keceriaan anak bermain pasir. Karena Pantai Pangandaran ini memang menjadi salah satu wisata unggulan di Jawa Barat," kata Hadi.

Dia mengaku dapat menikmati liburannya dengan puas, terlebih setelah dicabutnya aturan ketat pandemi Covid-19 seperti menggunakan masker atau pembatasan jumlah pengunjung.

Sementara itu, untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan, sejumlah petugas keamanan dari Satpolairud serta Balawista dikerahkan untuk selalu memantau aktivitas para pengunjung di pantai guna memberikan rasa aman dan nyaman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya