Hadiri Wisuda Universitas Terbuka, Moeldoko: Stigma Kurang Baik UT Harus Diluruskan

Kepala Staf Kepresidenan, Dr Moeldoko
Sumber :
  • Kantor Staf Presiden

Tangerang Selatan – Kepala Staf Kepresidenan, Dr. Moeldoko mengajak lulusan Universitas Terbuka (UT) meluruskan stigma UT di mata masyarakat. Di mana selama ini UT masih dicitrakan sebagai perguruan tinggi kelas rendahan yang tidak bermutu.

Daftar Deretan Kampus Besar di Amerika Serikat yang Demo Dukung Palestina

“Ini sama sekali tidak benar. Kita semua harus meluruskan stigma kurang baik itu. Dan anda semua jangan merasa rendah diri,” tegas Moeldoko, di hadapan ribuan wisudawan/wati pada Wisuda Universitas Terbuka Periode II Tahun Akademik 2022/2023, di Universitas Terbukan Convention Center (UTCC), Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Selasa 11 Juli 2023.

Kepala Staf Kepresidenan, Dr Moeldoko

Photo :
  • Kantor Staf Presiden
Rektor UNU Gorontalo Resmi Dilaporkan Polisi atas Kasus Dugaan Pelecehan Seksual

Moeldoko sendiri merupakan lulusan Universitas Terbuka Program Studi Ilmu Pemerintahan. Saat ini, Ia didapuk sebagai Ketua Ikatan Alumni (IKA) UT periode 2019-2024.

Menurutnya, untuk meluruskan pandangan negatif terhadap UT, maka lulusan atau alumni harus mampu menunjukkan kiprahnya dan melakukan satu perubahan. Kuncinya, berani untuk melangkah.

Moeldoko: Otonomi Daerah Harus Lanjutkan Pembangunan Visi Jokowi

Moeldoko pun mencuplik formula kepemimpinan yang Ia tuliskan pada bukunya M-Leadership, Berani Memimpin. “Resepnya tiga M, Move (bergerak), Motivate (memotivasi), Make Different (membuat perbedaan),” terangnya.

Selama ini, sambung dia, sebagian besar orang tidak berani bergerak dan melangkah untuk melakukan sesuatu, dan hanya menunggu. Padahal, sikap tersebut sangat dibutuhkan untuk membangun motivasi dan membuat perbedaan.

Kepala Staf Kepresidenan, Dr Moeldoko

Photo :
  • Kantor Staf Presiden

“Contohnya saya. Kalau dulu saya tidak bergerak mengambil keputusan untuk keluar dari lingkungan kemiskinan, saya tidak bisa mencapai posisi seperti saat ini,” ungkapnya.

“Jadi jangan pernah takut untuk bergerak untuk melakukan sesuatu. Bangun motivasi diri kalian, dan nanti buatlah hal yang beda agar kalian terlihat,” pungkas Moeldoko.

Sebagai informasi, Universitas Terbuka (UT) menggelar wisuda bagi 1.716 lulusan dari mulai jenjang diploma, sarjana S1, dan pascasarjana dari berbagai daerah. Wisuda yang mengusung tema “Bangkit Bergerak Bersama UT PTN BH ini, menganugerahkan Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo yang lulus S1 dari Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik (FHISIP) sebagai wisudawan kehormatan.

“Penganugerahan wisudawan kehormatan ini diharapkan bisa memberi inspirasi dan dampak positif kepada masyarakat, sekaligus meluruskan stigma negatif UT,” ujar Rektor Universitas Terbuka, Prof. Ojat Djarot.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya