12 Amalan Bulan Muharram yang Bisa Menjadi Ladang Pahala

Ilustrasi bulan Muharram.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Edukasi – Muharram merupakan bulan yang baik dan dimuliakan Allah atau syarullah. Melakukan amalan di bulan Muharram akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah Swt. Keutamaan amalan sunnah bulan Muharram adalah untuk menyempurnakan ibadah sebagai muslim. Terdapat 12 amalan yang dapat dilaksanakan pada bulan ini.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Amalan sunnah di bulan ini mencakup perbuatan yang dilakukan sendiri maupun dilakukan secara sosial atau bersama-sama. Amalan sunnah di bulan Muharram dalam dilakukan sejak memasuki 1 Muharram 1445 Hijriah. Berikut 12 amalan bulan Muharram yang VIVA rangkum dari berbagai sumber:

Ilustrasi santri asal Enrekang, Sulawesi Selatan, meninggal dunia di Sidoarjo

Photo :
Kementerian Haji Meminta Jemaah Umrah Harus Keluar dari Arab Saudi pada 6 Juni

1. Sholat Sunnah

Di bulan Muharram, muslim dapat memperbanyak sholat sunnah. Sebab di bulan yang dimuliakan ini, amalan dan ibadah yang dilakukan akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allh Swt.

Catat! Inilah 5 Bulan Terbaik untuk Menikah Menurut Islam

2. Puasa

Selain puasa Ramadan, puasa di bulan Muharram juga diutamakan. Sebagaimana disebutkan dalam hadis yang berasal dari Abu Hurairah ra.

Artinya: Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah - Muharram. Sementara shalat yang paling utama setelah sholat wajib adalah sholat malam. (HR Muslim).

Ada beberapa puasa yang bisa dikerjakan dalam bulan ini, yakni Tasua (9 Muharram) dan puasa Asyura (10 Muharram), dan puasa Ayyamul Bidh pada 13-15 hari pertama atau 13-15 Muharram.

3. Silaturahmi

Amalan bulan Muharram berikutnya adalah bersilaturahmi. Amalan sunnah ini diajarkan oleh Rasulullah, bisa dilakukan kepada keluarga atau kerabat.

4. Sedekah

Ilustrasi sedekah.

Photo :
  • U-Report

Bersedekah adalah salah satu amalan di bulan Muharram yang dapat dilakukan, khususnya pada hari Asyura. Hal ini dilandasi dari riwayat hadis Sufyan bin Uyainah RA yang dikutip dari buku 12 Bulan Mulia-Amalan Sepanjang Tahun oleh Abdurrahman Ahmad As.

Ia meriwayatkan, muslim yang melapangkan keluarganya pada hari Asyura, maka Allah akan melapangkannya selama setahun itu. Ibnu Uyainah RA telah mencobanya selama 50 atau 60 tahun.

5. Mandi

Amalan bulan Muharram berikutnya adalah mandi, khususnya menjelang puasa Asyura. Tujuannya, selain untuk membersihkan diri, mandi saat 10 Muharram memiliki keutamaan untuk terbebas dari penyakit selama satu tahun.

6. Memakai Celak Mata

Bagi perempuan, amalan sunah yang bisa dilakukan adalah menggunakan celak mata atau eyeliner. Rasulullah menganjurkan memakai celak, seperti dalam hadis berikut.

Artinya: Bercelaklah dengan itsmid, karena ia dapat menerangkan pandangan dan menumbuhkan bulu (mata) (HR At Tirmidzi).

7. Ziarah

Ilustrasi ziarah kubur.

Photo :
  • U-Report

Amalan berikutnya adalah berziarah. Ziarah kubur pada bulan pertama Tahun Baru Islam tidak hanya dilakukan kepada keluarga, tetapi juga kepada ulama.

8. Menjenguk Orang Sakit

Rasulullah mengajarkan amalan sunnah untuk menjenguk orang sakit pada bulan Muharram. Tak lupa juga untuk mendoakan kesembuhan baginya.

9. Menambah Nafkah Keluarga

Bagi kepala keluarga, amalan sunah yang bisa dilakukan adalah menambah nafkah keluarga.

10. Memotong Kuku

ilustrasi memotong kuku

Photo :
  • U-Report

Bila jelang Idul Adha, umat tidak dianjurkan memotong kuku, sebaliknya pada bulan Muharram justru disunnahkan.

11. Mengusap Kepala Anak Yatim

Mengusap kepala anak yatim dapat diartikan sebagai bentuk silaturahmi kepada mereka sekaligus membantu mengurus mereka.

12. Membaca Surah Al-Ikhlas

Amalan bulan Muharram sesuai sunah terakhir adalah membaca surah Al-Ikhlas sebanyak 1.000 kali.

Selain 12 amalan tersebut, bulan Muharram juga dapat diisi dengan berzikir dan bertobat pada hari Asyura. Sebagaimana Qatadah RA berpendapat, tobat yang dilakukan Nabi Adam AS adalah pada hari Asyura.

Dia juga mengatakan, terkait puasa hari Asyura, Rasulullah SAW bersabda, "Akan digantikan kejahatan-kejahatan pada tahun sebelumnya dengan kebaikan (amal ini)." (HR Muslim).

Demikian amalan bulan Muharram yang mendatangkan banyak pahala. Mari perbanyak amalan dan ibadah kepada Allah Swt.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya