Cara Menanam Bawang Putih yang Baik dan Benar, Dijamin Tumbuh Subur

Panen benih bawang putih Great Black Leaf di Minahasa Selatan, Sulit, Kamis 20 Desember 2018.
Sumber :
  • VIVA/Umi Kalsum

Jakarta – Bawang putih merupakan salah satu komoditas hortikultura yang penting karena sering digunakan sebagai pelengkap bumbu masak, sebagai obat anti jamur dan bakteri, serta dapat menurunkan kolesterol dan mencegah pembekuan darah.

Daftar Harga Pangan 25 April 2024: Bawang Merah hingga Daging Sapi Naik

Bawang putih ditetapkan menjadi komoditas strategis yang harus dikejar kecukupan produksinya untuk swasembada, karena kegunaannya sangat dibutuhkan masyarakat sebagai bumbu masak dan bahan baku industri obat-obatan

Untuk Anda yang ingin menanamnya sendiri di rumah, berikut cara menanam bawang putih yang baik dan benar:

Eks Sespri Sekjen Ungkap BAP KPK Bocor ke Pejabat Kementan

Petani menanam bawang putih yang ditanam menggunakan plastik mulsa di Desa Tuwel, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah

Photo :
  • ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Tanah yang cocok untuk menanam bawang putih

Jaksa Sebut SYL Bayar Tagihan Kartu Kredit Ratusan Juta Pakai Uang Hasil Korupsi di Kementan

Mengutip laman Kementerian Pertanian Kamis, 20 Juli 2023, bawang putih tumbuh optimal di dataran medium sampai dataran tinggi. Jika ditanam di dataran tinggi, lahan yang cocok untuk tanaman bawang putih adalah jenis tanah lempung berpasir, berstruktur tanah gembur dengan pH 5,5-7.

Apabila bawang putih ditanam di ketinggian lebih dari 1000 mdpl, dengan suhu 15-25 derajat, maka bawang putih dapat dipastikan tumbuh dengan baik.

Waktu menanam bawan putih

Bawang putih sebaiknya ditanam pada akhir musim penghujan atau awal musim kemarau. Menjelang panen tanaman ini tidak menghendaki kondisi yang terlalu basah atau lembap karena akan menyebabkan kebusukan dan penurunan kualitas umbi.

Sehari sebelum tanam dilakukan penyemprotan herbisida di atas permukaan bedengan. Penyemprotan herbisida dimaksudkan untuk memperlambat tumbuhnya rumput setelah benih bawang putih ditanam, sehingga benih bawang putih dapat tumbuh normal tanpa diganggu oleh pertumbuhan rumput di sekitarnya.

Petani bawang putih di Desa Adipuro, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang,

Photo :
  • VIVA/Dwi Royanto

Aturan menanam bawang putih

Pada proses penanaman Lahan dibasahi 1 hari sebelum tanam. Benih ditanam 1 (satu) siung per lubang tanam dengan kedalaman 3 cm dan jarak tanam 10 cm x 10 cm atau 12,5 cm x 12,5 cm. Selanjutnya ditutup dengan mulsa jerami dengan ketebalan 5 cm dan setelah ditutup dengan mulsa jerami dilakukan penyiraman.

Penyiangan dilakukan secara rutin disesuaikan dengan kondisi pertumbuhan gulma. Gulma pada parit dapat dibersihkan dengan cangkul sekaligus untuk memelihara bentuk bedengan.

Pada musim kemarau penyiraman dilakukan 2 kali dalam seminggu. Pada 12-20 hari menjelang panen penyiraman dihentikan. Penyemprotan insektisida dan fungisida dilakukan 2 kali dalam seminggu, mulai tanaman berumur 21-25 hari.

Insektisida dan fungisida yang diberikan terdiri dari 2 jenis yang bersifat kontak dan sistemik.

Panen bawang putih

Photo :
  • VIVA/Umi Kalsum

Panen bawang putih

Ciri-ciri bawang putih yang siap dipanen adalah umbinya terlihat dari permukaan tanah, sebagian daun menguning dan batang tanaman sudah mulai rebah. Varietas Lumbu Hijau dapat dipanen pada umur 112- 120 hari, sedangkan varietas Tawangmangu pada 120- 140 hari.

Umur panen yang terlalu muda akan menyebabkan umbi cepat menyusut dan jika terlalu tua akan menyebabkan umbi cepat busuk. Cara pemanenan yang paling baik adalah dengan mencabut tanaman sambil mencongkel umbinya agar tidak rusak.

[Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, di acara Halalbihalal 2024 yang digelar di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis, 25 April 2024]

Mendag Zulhas Tegas Tolak Impor Bawang Merah di Tengah Lonjakan Harga

 Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan alias Zulhas menegaskan, pemerintah tidak akan melakukan impor bawang merah.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024