Bacaan Doa Duduk Diantara Dua Sujud, Kesadaran Akan Kebesaran Allah

Ilustrasi berdoa.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Dalam ibadah sholat, terdapat momen yang khusus ketika seorang Muslim duduk di antara dua sujud. Posisi ini menjadi kesempatan bagi umat Muslim untuk mengucapkan doa yang disebut "doa duduk di antara dua sujud". Saat duduk di antara dua sujud, mereka berdoa kepada Allah, memohon ampunan, rahmat, dan berkah-Nya. Doa ini menjadi ungkapan penghormatan, pengakuan, dan kesadaran akan kebesaran Allah dalam kehidupan sehari-hari.

Pemimpin Muslim Berpengaruh di Dunia Sebut Islamofobia Berawal dari Kesalahpahaman

Doa duduk di antara dua sujud adalah sebuah doa yang dilakukan saat seorang Muslim berada dalam posisi duduk setelah melakukan satu sujud dan sebelum melanjutkan sujud berikutnya dalam sholat. Dalam sholat, ada beberapa posisi yang dilakukan secara berurutan, termasuk sujud. Setelah sujud pertama selesai, seorang Muslim akan duduk sebentar sebelum melakukan sujud kedua.

Doa duduk diantara dua sujud

Babak Baru Drama Teuku Ryan-Ria Ricis, Sang Adik Unggah Doa Sang Kakak Agar Dijauhkan dari Setan

Ilustrasi berdoa.

Photo :
  • U-Report

“Robbighfirlii warhamnii wajburnii warfa'nii warzuqnii wahdinii wa'aafinii wa'fu 'annii.”

No Place to Pray for Muslim Workers in This Italian City

Artinya: "Ya Allah ampunilah aku, rahmatilah aku, perbaikilah keadaanku, tinggikanlah derajatku, berilah rezeki dan petunjuk untukku."

Ada juga versi lain tentang doa duduk diantara dua sujud seperti yang diriwayatkan oleh At Tirmidzi. Dari Abdullah bin Abbas radhiallahu'anhuma beliau berkata:

"Biasanya Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam ketika duduk di antara dua sujud beliau membaca: Allohummaghfirli warahmnii, wajburnii, wahdini, warzuqnii.”

Artinya: “Ya Allah ampunilah aku, rahmatilah aku, cukupkanlah aku, berilah aku petunjuk, dan berilah rezeki)." (HR. At Tirmidzi no.284, dishahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi)

Bacaan doa duduk di antara dua sujud di atas juga diketahui sudah mencakup doa ampunan, doa tolak bala, dan doa rezeki, bahkan mencakup rezeki zhahir (tubuh dan rezeki batin untuk jiwa), seperti dilansir dari Fiqih Islam wa Adilatuhu Jilid 2 karangan Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili. 

Selain doa tersebut, seorang Muslim juga bisa menggunakan momen ini untuk berdoa dengan kata-kata yang diinginkan, berbicara dengan Allah secara pribadi, dan memohon apa pun yang diinginkannya seperti ampunan, petunjuk, kesabaran, atau perlindungan dari godaan dan kesalahan.

Doa duduk di antara dua sujud merupakan salah satu momen penting dalam sholat, di mana seorang Muslim bisa mendekatkan diri kepada Allah dengan penuh kesadaran dan khusyuk. Melalui doa ini, seorang Muslim mengungkapkan ketergantungan dan kerendahan hati kepada Allah, serta mengakui kebesaran dan kekuasaan-Nya dalam kehidupan sehari-hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya