Edukasi serta Deteksi Dini Kejahatan Lewat Program Kampung Kamtibmas 

Kampung Kamtibmas di Manokwari.
Sumber :
  • Istimewa

Manokwari - Polresta Manokwari melakukan program kampung Kamtibmas di Jalan Brawijaya RT04/RW07 Manokwari Barat Kabupaten Manokwari. Pasalnya, di daerah ini rawan kejahatan dan kecelakaan Lalu lintas dalam dua tahun terakhir.

Harley Davidson Kecelakaan di Probolinggo, Pasutri Tewas

Dalam keterangan pers yang diterima, Rabu 9 Agustus 2023, Program kampung Kamtibmas merupakan bagian dari upaya peningkatan kemitraan Polisi dan masyarakat dalam upaya menekan angka kriminalitas di Manokwari.

Pembentukan ini berdasarkan bahwa sistem pengamanan lingkungan dalam bentuk edukasi serta deteksi dini kejahatan sehingga pada daerah kompleks atau perkampungan menjadi lebih terjaga yang pada akhirnya dapat mempengaruhi stabilitas kamtibmas di Kabupaten Manokwari.

Bukan Hanya Mengedukasi, Tempat Ini Buat Nyaman Anak dan Orangtua

Penunjukan kampung kamtibmas di Brawijaya RT04/RW07 Manokwari Barat dengan jumlah kepala keluarga 114 jiwa adalah berdasarkan data gangguan keamanan sepanjang jalan Brawajiya dalam kurun waktu dua tahun belakangan merupakan daerah rawan kejahatan dan kecelakaan Lalu lintas.

Situasi ini karena lokasi jalur jalan Brawijaya yang hanya digunakan sebagai jalur jalan alternatif serta fungsi penerangan jalan yang kurang pada malam hari.

Preman Jagoan Kampung Ngamuk Ditagih Bayar Makan Bubur, Keluarin Celurit dan Rusak Gerobak

Kondisi ini menyebabkan angka kejadian sangat tinggi, sehingga dipandang perlu melakukan sebuah inovasi dalam bentuk sistem pengamanan lingkungan secara maksimal yang dapat mengedukasi masyarakat dalam hal Kamtibmas.

Kampung Kamtibmas ini memiliki empat konsep pembinaan. Kampung sadar hukum binaan Satreskrim Polresta Manokwari, kampung tertib lalu lintas binaan Satlantas Polresta Manokwari, kampung bersih narkoba ninaan Satnarkoba Polresta Manokwari, dan kampung Siskamling binaan Binmas Polresta Manokwari.

Baca artikel Edukasi menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya