Ikatan Alumni Serviam Indonesia Akan Gelar Serviam Charity Challenge 2023

Ikatan Alumni Serviam Indonesia (IASI) akan menggelar Serviam Charity Challenge
Sumber :
  • Ist

Jakarta – Ikatan Alumni Serviam Indonesia (IASI), sebuah gabungan lulusan dari tiga sekolah Ursulin terkemuka - Santa Maria, Santa Ursula, dan Santa Theresia - di Jakarta akan menggelar Serviam Charity Challenge (SCC) 2023.

Kemenag Bekali Pelatihan Guru dan Pengawasan RA untuk Cegah Stunting Melalui PAUD HI

Acara ini mengusung esensi kebersamaan, filantropi, dan proaktifitas dengan puncaknya berupa kegiatan lari Fun Run dan Festival Penutupan SCC, pada tanggal 17 September 2023 di SCBD Jakarta Selatan.

Seluruh donasi yang terkumpul dari acara Fun Run ini akan disalurkan ke program pencegahan stunting dan beasiswa pendidikan.

Jokowi: Indonesia Succeeded in Reducing Stunting Rate

Suster Moekti Gondosasmito, OSU, sebagai Pendiri dan Ketua Dewan Pengawas dari Ikatan Alumni Serviam Indonesia, mengatakan SCC 2023 merupakan langkah nyata IASI dalam mengabdi kepada masyarakat Indonesia. Ia mengajak warga Jakarta dan sekitarnya, baik pehobi lari maupun latar belakang apapun ikut serta memeriahkan acara ini. 

Ketua Penyelenggaraan acara ini, Svida Alisjahbana menyebut SCC 2023 adalah wujud konkret dari kerjasama yang kuat antara Sekolah Ursulin dan biara Ursulin di seluruh Indonesia, bahkan di seluruh dunia.

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

"Setiap peserta memiliki kesempatan untuk berkontribusi dalam penggalangan dana untuk inisiatif yang kami pilih, yakni Pencegahan Stunting bersam Kementerian Kesehatan, lalu besiswa kepada siswa siswi kurang mampu melalui Yayasan Beasiswa Ursulin (USF),  dan Klinik Serviam Sehat untuk menyediakan pelayanan kesehatan yang terjangkau dan mudah diakses," ujarnya dalam konferensi pers di Kampus Santa Maria, Jalan Juanda, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Sabtu 12 Agustus 2023.

Kegiatan lari ini akan diikuti sekitar 3000 orang di dua kategori yakni 2,5K dan 6K. Ia menyebut panitia menargetkan donasi yang terkumpul mencapai Rp 5 miliar dari acara ini. Peserta akan mendapatkan SCC tshirt, Bib dan Bag, serta tentu saja medali bagi finisher.

Peserta bisa registrasi dengan berdonasi mulai Rp 300 ribu untuk 6K, lalu Rp 200 ribu untuk 2,5K dan Rp 50 ribu untuk virtual run dimanapun peserta berada. 

Svida menjelaskan total hadiah yang diperebutkan peserta mencapai Rp 49 juta, dimana ada tiga kategori usia yakni umum, Master A (40-54 tahun) dan Master (55tahun lebih). 

"Namun demikian, intinya fun run ini bukan sekadar lari untuk cari hadiah, melainkan manifestasi dari dedikasi IASI untuk Indonesia. Ditetapkan dalam etos sekolah-sekolah kami, yang dipandu oleh Suster Ursulin, inti dari moto "SERVIAM" hadir - "Aku/Kami Mengabdi," ujarnya.

Ia juga berharap agenda SCC sukses dan akan digelar secara rutin di tahun-tahun mendatang. 

Ketua Ikatan Alumni Serviam Indonesia Angela M Basiroen menambahkan, pihaknya memilih penanganan stunting sebagai pilihan penyaluran donasi mengingat pemerintah Indonesia menargetkan mengurangi kejadian stunting sebesar 14 persen pada tahun 2024.

Langkah yang sudah dilakukan yakni antara lain pendampingan bagi ibu-ibu di kawasan Serang Timur, Banten, melalui Posyandu setempat. 

Sedangkan penyaluran beasiswa melalui Ursulin Scolarship Foundation diberikan kepada siswa TK hingga Perguruan tinggi, tanpa memandang latar belakang agama mereka, sebagai kontribusi untuk distribusi pendidikan berkualitas yang merata di seluruh Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya