Ujian TOEFL Kini Makin Mudah Tak Perlu Waktu Lama

Ilustrasi tes TOEFL
Sumber :
  • Pixabay/geralt

JAKARTA – Buat kamu yang mau menjalani ujian TOEFL kini tak perlu bingung lagi. Pusat informasi dan layanan gratis bagi calon peserta ujian TOEFL di Indonesia bernama TOEFL Lounge, baru saja diluncurkan oleh Indonesian International Education Foundation (IIEF) dan Educational Testing Service (ETS).

Bangunan Sekolah di Kolaka Roboh Ditimpa Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas Porak-Poranda

TOEFL Lounge diluncurkan untuk memberikan akses informasi yang akurat dan terpercaya kepada publik atas TOEFL iBT, sebuah ujian kecakapan Bahasa Inggris yang paling dihormati dan diterima, yang digunakan untuk keperluan belajar, bekerja, dan imigrasi. 

Peluncuran TOEFL Lounge mengikuti peningkatan terbaru yang dilakukan oleh Educational Testing Service (ETS) pada TOEFL iBT, yaitu mempersingkat waktu ujian menjadi kurang dari dua jam dan memperbarui proses pendaftaran akun, dan pendaftaran tanggal ujian menjadi lebih cepat dan lebih mudah daripada sebelumnya. 

Vokasi Industri Kemenperin Buka Pendaftaran Sampai 31 Mei

Lebih dari 12.000 institusi di lebih dari 160 negara di seluruh dunia telah menggunakan skor TOEFL iBT sebagai persyaratan. Di TOEFL Lounge, masyarakat luas dapat mengakses informasi TOEFL iBT secara akurat, langsung, dan interaktif. 

7 Tips Menghadapi Ujian Nasional: Persiapan yang Efektif untuk Sukses

Staf ahli IIEF akan membantu proses pendaftaran pembuatan akun, pembayaran ujian menggunakan pembayaran lokal, serta pendaftaran tanggal ujian. Tak hanya itu, TOEFL Lounge juga akan menjadi tuan rumah berbagai acara bagi masyarakat luas untuk meningkatkan keterampilan dan memantapkan persiapan sebelum belajar ke luar negeri atau mengajukan beasiswa.

“Belajar ke luar negeri kini semakin mudah bagi pelajar dan masyarakat Indonesia dengan dibukanya TOEFL Lounge,” ujar Diana Kartika, Direktur IIEF dalam keterangannya di Jakarta, dikutip Senin 14 Agustus 2023.

“TOEFL Lounge tidak hanya berfungsi sebagai pusat informasi dan layanan untuk TOEFL iBT, yang telah lama menjadi gerbang utama untuk belajar ke luar negeri, TOEFL Lounge juga akan berfungsi sebagai tuan rumah dari berbagai acara menarik dan sesi informasi yang berfokus pada persiapan dan pemantapan belajar ke luar negeri,” sambungnya.

Acara peluncuran yang dihadiri oleh 100 peserta dari kalangan pemerintah, sekolah, perguruan tinggi, lembaga bahasa serta instansi pengelola berbagai beasiswa di Indonesia, juga turut dihadiri oleh Pejabat dari ETS Princeton, Amerika Serikat, pengembang ujian TOEFL.

Dalam keynote speech, Rohit Sharma, Senior Vice President ETS – Global Higher Education and Workskills memberikan dukungan penuh kepada IIEF dalam peluncuran TOEFL Lounge.

“Untuk membekali pelajar dan masyarakat Indonesia dengan informasi dan sumber daya yang mereka butuhkan dalam pengalaman belajar ke luar negeri dan menyediakan akses ke wawasan utama untuk mendorong perjalanan pendidikan tinggi mereka, kami mengambil langkah signifikan dalam membuka pintu lebih banyak kesempatan bagi pelajar di seluruh dunia untuk belajar dan mengaktualisasikan tujuan pendidikan tinggi mereka,” paparnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya