Yayasan Alumni IPB Gelontorkan 3 Miliar Rupiah untuk Beasiswa IPB

Yayasan Alumni Peduli IPB (YAPI)
Sumber :
  • Istimewa

Bogor – Yayasan Alumni Peduli IPB (YAPI) gelontorkan beasiswa sebesar Rp 3 Miliar untuk membiayai Uang Kuliah Tunggal (UKT) 360 mahasiswa IPB pada awal tahun ajaran 2023-2024. 

Komang Teguh Ditawari Beasiswa S2 ITB STIKOM Bali

Sumber pendanaan YAPI berasal dari program orang tua asuh dan dukungan dari Rektor IPB yang menyalurkan donasi Persatuan Golf Alumni IPB (PGA-IPB).

Yayasan Alumni Peduli IPB (YAPI)

Photo :
  • Istimewa
Perkuat Sektor Jasa Keuangan, OJK Gandeng Asosiasi Profesi

“Beasiswa ini merupakan komitmen Alumni IPB untuk memastikan mahasiswa IPB untuk tetap berprestasi secara akademik dan non akademik dalam menyelesaikan Pendidikan di IPB University tanpa masalah keuangan” ulas Andi Irman, Ketua YAPI pada acara YAPI Caring and Giving di kampus IPB  di Bogor. Minggu, 13 Agustus 2023.

Andi mengatakan bahwa menjadi mahasiswa IPB adalah kebanggaan, oleh karena itu YAPI berkomitmen untuk menjadi mitra mahasiswa IPB dalam menyelesaikan persoalan keuangan mahasiswa IPB. Alumni IPB akan bahu membahu untuk membantu adik-adik mahasiswa untuk mewujudkan cita-citanya. 

Perlindungan Konsumen Punya Dampak Positif ke Kinerja Keuangan Bank, Begini Penjelasannya

“Bahkan bagi mahasiswa baru, sebelum masuk IPB pun, YAPI telah memberikan beasiswa bagi mahasiswa yang memiliki keterbatasan pembiayaan” ungkap Andi.

Sementara itu Arif Satria, selaku Rektor IPB menyatakan bahwa donasi PGA berasal dari anggota dan sponsor yang membantu kegiatan sosial Persatuan Golf Alumni IPB. PGA IPB secara khusus memberikan bantuan beasiswa sebesar Rp 1,5 miliar .

Arif memastikan IPB tetap berkomitmen untuk menerima mahasiswa dari berbagai kalangan, termasuk yang memiliki keterbatasan keuangan. “Mahasiswa IPB tak boleh ada yang droup out atau tak bisa masuk IPB karena kesulitan pendanaan” bebernya

Untuk diketahui beasiswa yang diberikan terdiri dari beberapa kategori yaitu beasiswa Leader Mandiri, Beasiswa Prestatif dan Beasiswa lain-lain. 

Beasiswa Leader Mandiri adalah beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa baru yang diterima di IPB namun memiliki kendala pembiayaan. 

Beasiswa Leader Prestatif yaitu beasiswa yang diberikan karena prestasi selama perkuliahan. Sedangkan beasiswa lainnya adalah beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang akan menyelesaikan perkuliahan tapi masih ada kendala keuangan.

Selain itu, YAPI IPB juga  memberikan beasiswa kepada Mahasiswa IPB yang lolos melalui jalur prestasi dan jalur Ketua OSIS. Menurut Andi, penerima beasiswa YAPI merupakan hasil seleksi yang dilakukan oleh YAPI bersama Direktorat Kemahasiswaan IPB. Dengan demikian bisa dipastikan bahwa penerima beasiswa  adalah orang yang tepat.

Yayasan Alumni Peduli IPB (YAPI)

Photo :
  • Istimewa

Yayasan Alumni Peduli IPB adalah Lembaga yang didirikan oleh Himpunan Alumni IPB sebagai bentuk kepedulian alumninya untuk mewujudkan IPB University menjadi Perguruan Tinggi terbaik di dunia (Worldclass University). Sejak tahun 2017 sampai 2023, YAPI telah membiayai lebih dari 1000 mahasiswa IPB. Di masa dating, program beasiswa akan semakin ditingkatkan jumlahnya dan keragamannya. YAPI tak sekedar memberikan beasiswa tetapi juga memberikan pelatihan peningkatan softskill dan leadership kepada mahasiswa IPB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya