Ketua Tim Verifikasi UIN Walisongo Jawab Soal Dugaan Plagiasi

Kampus UIN Walisongo Semarang, Jawa Tengah
Sumber :
  • UIN Walisongo

JAKARTA – Ketua Tim Verifikasi UIN Walisongo, Prof. Dr. Moh. Erfan Soebahar, M.Ag menegaskan penolakan terhadap dugaan plagiasi yang ditujukan kepada Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo, Prof. Dr. Imam Taufiq MAg. Dugaan ini berhubungan dengan penelitian yang membahas soal konsep hilal dalam perspektif tafsir Quran dan astronomi modern, dan dituduh menjiplak tesis Muh. Arif Royyani berjudul Memadukan Konsep Hilal dalam Tafsir Al-Qur'an dan Astronomi Modern.

Meniti Perjalanan dari Kelas Hingga Lapangan, Praja IPDN dalam Latsitardanus 2024

Tim Verifikasi yang beranggotakan para ahli, dalam keterangannya menyampaikan hasil temuan yang melibatkan serangkaian analisis dan prosedur verifikasi yang objektif dan komprehensif. Ada beberapa poin yang menjadi perhatian dalam temuan ini seperti dikutip dari keterangan resminya.

1. Proses Verifikasi

KTM Mahasiswa hingga KTA Alumni Universitas Udayana Bakal Bisa Buat Transaksi Keuangan

Verifikasi dilakukan secara kronologis, dengan metode yang objektif, komprehensif, dan menjunjung nilai-nilai akademik yang tinggi.

Prof Marsudi Dilantik Jadi Rektor Universitas Pancasila Periode 2024-2028

2. Keterlibatan Muh. Arif Royyani

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Prof. Dr. Imam Taufiq dkk, terdapat dukungan dari tim pembantu peneliti, termasuk Muh. Arif Royyani. Hal ini dinyatakan dalam korespondensi draft proposal penelitian.

3. Perbedaan Objek Formal

Secara akademik, kedua penelitian memiliki objek formal yang berbeda. Penelitian Imam Taufiq bersifat normatif dan empiris, sedangkan tesis Muh. Arif Royyani bersifat murni normatif.

4. Ketidaksamaan Konten

Tidak ditemukan adanya kesamaan dan plagiasi dalam berbagai aspek penelitian, mulai dari kontekstualisasi, metode, kriteria, data, lokasi, waktu pengamatan, hingga hasil penelitian.

Kampus UIN Walisongo Semarang, Jawa Tengah

Photo :
  • UIN Walisongo

5. Hasil Pengecekan Plagiarisme

Pengecekan dengan aplikasi WeopyFind 4.1.5 dan Plagiarism Checker X menunjukkan kemiripan hanya sekitar 14%-17%, yang meliputi kemiripan dalam terjemahan ayat Al-Qur'an, istilah, rujukan, dan penjelasan teoritik.

"Berdasarkan data-data di atas, Tim Verifikasi menyatakan bahwa laporan penelitian Sdr. Imam Taufiq dkk bebas plagiasi," demikian pernyataan resmi dari UIN Walisongo Semarang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya