Viral Momen Haru Pemuda Jadi Translator Maba Penyandang Tunarungu

Momen Haru Pemuda Jadi Translator Maba Penyandang Tunarungu
Sumber :
  • Tangkapan Layar

Bandung – Beredar di sosial media yang memperlihatkan seorang pria muda menjadi translator (penerjemah) bagi penyandang tunarungu saat konser. Kejadian tersebut diketahui terjadi saa berlangsungnya acara orientasi mahasiswa baru (maba) di Universitas pendidikan Indonesia (UPI).

Susah-susah Kerja Keras, Fuji Curhat Selalu Serba Salah di Mata Netizen

“akang translator>>>> #mokakuupi2023,” tulis keterangan dalam akun unggahan.

Momen Haru Pemuda Jadi Translator Maba Penyandang Tunarungu

Photo :
  • Tangkapan Layar
Usai Ramai Digosipkan Selingkuh, Rizky Nazar Minta Maaf

Pada agenda ospek di Universitas Pendidikan Indonesia, mahasiswa baru diwajibkan untuk mengikuti berbagai prosesi dimulai dari upacara penyambutan, pengenalan profil universitas, fakultas hingga organisasi yang berada di universitas tersebut.

Di dalam video terlihat seorang pria yang memakai batik hijau tua sedang berada di depan seorang perempuan yang memakai baju putih dengan rok hitam yang merupakan maba tunarungu.

Praz Teguh Nilai Wanita dari Mata Kaki, Reaksi Netizen Pro Kontra

Pria itu menggerakkan tangannya sebagai tanda bahasa isyarat untuk komunikasi kepada maba tersebut. Lantas video itu mengundang banyak komentar netizen, bahkan pria yang yang menjadi pendamping mahasiswa baru tunarungu itu memberikan komentar dalam kolom komentar:

itu namanya Kak adam ya gais! beliau pendamping temen2 berkebutuhan khusus, kebetulan beliau juru bahasa isyarat,” tulis netizen dalam kolom komentar yang menyebutkan nama pria itu.

halo! aku pendamping mahasiswa Tuli di video ini. aku mau ucapin terima kasih sudah mendoakan yg baik-baik ke aku dan mahasiswa aku..,” tulis komentar netizen yang mengaku sebagai pria itu.

ayo dukung ketersediaan akses untuk disabilitas supaya teman-teman disabilitas bisa mendapatkan hak yg sama dalam menempuh pendidikan. salam setara!” ungkap netizen lainnya.

Kang, liat video ini nangis banget, makasih banyak udah bantu teman teman disabilitas, semoga hal baik berbalik ke akang yaa..,” timpal netizen lainnya.

Baca artikel Edukasi menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya