5 Negara Ini Miliki Zona Waktu Terbanyak, Indonesia?

Zona Waktu
Sumber :
  • en.wikipedia.org

Jakarta – Bumi melakukan rotasi penuh selama 24 jam penuh. Sehingga para ilmuan membagi zona waktu di dunia menjadi 24 bagian. Ada satu garis imajinasi yang membentuk Greenwich Mean Time (GMT) yang menjadi acuan zona waktu lainnya.

Drone Bunuh Diri Iran Bombardir Suriah, Habisi Nyawa Warga Sipil

Garis tersebut membagi dua bagian dunia menjadi timur dan barat. Umumnya, setiap negara terbagi atas tiga zona waktu. Misalnya saja Indonesia yang terbagi atas zona waktu WIB, WIT, dan WITA.

Zona Waktu Indonesia

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube
Amerika: Pasukan Israel Takkan Mampu Habisi Hamas!

Namun, nyatanya ada beberapa di dunia yang memiliki lebih dari tiga zona waktu. Dilansir dari World Atlas, terdapat 5 negara dengan pembagian zona waktu paling banyak di dunia:

1. Prancis (13 zona waktu)

AS Ancam Setop Kirim Senjata ke Israel Jika Nekat Serang Wilayah Rafah

Prancis memiliki 13 zona waktu yang berbeda karena ia merupakan sebuah negara yang luas dengan banyak wilayah di seluruh dunia. Luasnya wilayah Prancis tak lepas dari sejarah kolonialisme Prancis.

Perpecahan pada masa kolonialisme menyisakan 13 zona waktu berbeda. Di Prancis terdapat tiga pulau yang berada pada zona waktu UTC-10:00. Kepulauan ketiga ini menjadi wilayah terakhir di Prancis yang merayakan tahun baru.

2. Rusia (11 zona waktu)

Rusia adalah negara terluas di dunia, mencakup 11,5% dari luas total dunia. Karena ukurannya yang luas, negara ini membagi wilayahnya menjadi 11 zona waktu yang berbeda untuk mengatur jam dan tanggal.

Masing-masing zona waktu Rusia berbeda satu sama lain dengan selisih waktu antara satu jam hingga lima jam.

3. Amerika Serikat (11 zona waktu)

Zona Waktu

Photo :
  • en.wikipedia.org

Selain Rusia, ada Amerika Serikat yang memiliki 11 zona waktu berbeda di negaranya. Karena adanya perbedaan dalam jarak antar wilayah, maka waktu yang ditunjukkan oleh jam di setiap tempat akan berbeda-beda.

Amerika Serikat menduduki beberapa pulau seperti Pulau Baker dan Pulau Howland, terletak di UTC-12:00. Sementara itu, Pulau Wake berada di UTC+12:00. Meski jaraknya cukup dekat, dataran AS ini terbagi atas empat zona waktu.

4. Australia (9 zona waktu)

Negara dengan luas ke-6 di dunia ini memiliki 9 zona waktu berbeda. Australia menjadi negara dengan pembagian zona waktu paling banyak di dunia. Wilayah Australia yang begitu luas membagi Australia atas beberapa zona waktu. Dataran Australia mengoperasikan zona yang terbagi antara UTC+08:00 dan UTC+10:00.

5. Inggris (9 zona waktu)

Bendera Inggris Raya.

Photo :
  • Pinterest

Selanjutnya ada Inggris yang menjadi negara dengan pembagian zona waktu paling banyak di dunia. Inggris adalah salah satu negara yang memiliki 9 zona waktu berbeda. Terungkap fakta bahwa Inggris merupakan salah satu negara terbesar di dunia.

Karena adanya perbedaan wilayah geografis, maka perbedaan waktu antara satu daerah dengan daerah lainnya juga berbeda. Demikian 5 negara dengan pembagian zona waktu paling banyak di dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya