'Penanaman Moderasi Beragama bagi Anak TK Sangat Strategis'

Puncak Gebyar Pendidikan Agama Islam Taman Kanak-kanak (PAI TK) di Serpong.
Sumber :
  • Dok Dirjen Pendis Kemenag RI

Tangerang Selatan – Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP)  Kementerian Agama Eny Retno Yaqut menilai praktik kehidupan moderasi beragama di Indonesia perlu digencarkan sejak dini. Lewat pemahaman keagamaan yang moderat sejak kecil, Eny Retno optimistis, bangsa ini akan kian harmonis karena ketegangan-ketegangan yang bernuansa agama bisa dicegah. 

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

"Atas dasar itu, penanaman moderasi beragama bagi anak-anak TK sudah tepat dan sangat strategis," ujar Eny Retno pada Puncak Gebyar Pendidikan Agama Islam Taman Kanak-kanak (PAI TK) di Serpong, Tangerang Selatan, Kamis 5 Oktober 2023.

“Anak TK ini bisa dibilang masih murni sehingga lebih mudah untuk diajarkan hal-hal yang bersifat kebaikan antar sesama. Anak-anak bisa matang karakternya karena ada kebiasaan yang diajarkan,” tambahnya.

Sambut Hari KI Sedunia, RuKI Bergerak Berikan Edukasi ke Seluruh Indonesia

Eny Retno sangat mengapresiasi acara Gebyar PAI TK yang digelar nasional ini. Selain sebagai sarana infiltrasi nilai-nilai kebaikan, kegiatan ini juga mengasah kemampuan para siswa sejak kecil. Dengan terbiasa berkompetisi, siswa secara tidak langsung juga belajar menghargai orang lain. 

"Saya berharap kegiatan ini bisa lebih baik pada tahun-tahun mendatang. Kami juga telah menginisiasi permainan Moderasi Beragama (MB) Junior," tutur Eny Yaqut. 

Gandeng IEP, Kemenag Buka Peluang Sinergi dengan Perguruan Tinggi Amerika

"Ini merupakan board game yang sengaja kita buat untuk mengenalkan nilai moderasi beragama. Karena kami beranggapan lebih efektif menginternalisasi nilai jika dilakukan dengan cara bermain," sambung Eny yang sempat mengajak beberapa siswa TK maju ke panggung untuk diajak bernyanyi, tanya jawab, dan diakhiri dengan pemberian hadiah.

Puncak Gebyar Pendidikan Agama Islam Taman Kanak-kanak (PAI TK) di Serpong.

Photo :
  • Dok Dirjen Pendis Kemenag RI

Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI, Ali Ramdhani juga mengakui anak-anak menjadi kelompok yang tepat untuk belajar dan mempraktikkan kehidupan beragama sejak dini. "Mempraktikkan moderasi beragama sejak kecil tepat karena hakikatnya mencintai Indonesia dengan riang gembira," kata Ali Ramdhani.

Direktur PAI Kemenag RI, Amrullah mengungkapkan, Gebyar PAI 2023 mengambil tema 'Moderat sejak Usia Dini'. Dari tema ini diharapkan muncul kesadaran bersama bahwa penanaman moderasi beragama sejak anak-anak adalah keniscayaan. Sebab keragaman kehidupan di Indonesia membutuhkan pondasi yang kokoh agar tak mudah dirusak pihak-pihak tertentu. 

"Dan usia anak TK adalah tepat karena semacam jadi momentum awal menanamkan karakter dan nilai-nilai dasar melalui institusi pendidikan," terang Amrullah.

Amrullah menjelaskan, pada Gebyar PAI TK tahun ini ada dua kategori yang dilombakan, yakni untuk guru dan siswa. Pada kategori guru, ada dua cabang yang dilombakan, yaitu Karya Inovasi Pembelajaran PAI di TK dan Cipta Lagu Moderasi Beragama (versi anak). Sedang untuk kategori siswa juga ada dua cabang yang dilombakan, yaitu Da’i Cilik (putra/putri) dan Hafalan Surat Pendek (putra/putri).

Baca artikel Edukasi menarik lainnya di tautan ini.

Puncak Gebyar Pendidikan Agama Islam Taman Kanak-kanak (PAI TK) di Serpong.

Photo :
  • Dok Dirjen Pendis Kemenag RI
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya