5 Air Ibu yang Tidak Bisa Dibalas dan Digantikan dengan Apapun

Ilustrasi anak dan ibu
Sumber :
  • Pexels/Ketut Subiyanto

Jakarta – Ketua Lembaga Pendidikan Ma’arif Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Muhammad Ali Ramdhani mengatakan bahwa setidaknya ada 5 air yang dihasilkan oleh ibu yang tak bisa digantikan oleh apapun di dunia.

Lolos Jadi Anggota DPR, Denny Cagur Ungkap Kenangan Haru dengan Almarhumah Ibu

Menurutnya, hal ini penting untuk direnungi karena pada tubuh manusia hampir seluruhnya dipenuhi oleh air dan itu semua terbentuk berkat sumbangsih sosok seorang ibu.

“Tubuh kita terdiri dari air. 85 persen tubuh kita terdiri dari air. Dan penyumbang utama air kehidupan bagi kita adalah ibu kita,” ujarnya dilansir dari laman Nahdlatul Ulama, Selasa 10 Oktober 2023.

Haru, Alyssa Soebandono dan Dude Harlino Menangis Saat Pertama Dengar Suara Anak Perempuannya

Lantas, apa saja 5 air tersebut?

Netizen Soroti Ekspresi Ibu Chandrika Chika Usai Putrinya Ditangkap Narkoba: Bahagia Banget

1. Air ketuban

Air pertama yang diberikan oleh ibu dan sangat berperan penting dalam kehidupan manusia adalah air ketuban. Menurut Ali, air ketuban yang dihasilkan dari tubuh ibu merupakan penopang hidup manusia saat masih dalam kandungan.

“Ketika kita tumbuh menjadi sosok janin, air ketuban inilah yang menopang hidup. Dan ini didedikasikan oleh seorang ibu dengan mengambil air dari tubuhnya,” ungkapnya.

2. Air darah

Berikutnya adalah air darah, menurut Ali, air darah ini dihasilkan juga saat janin tumbuh menjadi jabang bayi. Air darah yang diberikan seorang ibu pada anaknya juga terbilang sangat banyak bahkan saat melahirkan dan pasca persalinan (nifas).

Ilustrasi ibu dan anak/parenting.

Photo :
  • Freepik/bristekjegor

3. Air susu

Ketiga adalah air susu yang merupakan saripati makanan yang dikonsumsi seorang ibu. Air susu penting diberikan seorang ibu untuk anaknya karena memiliki kandungan gizi yang berguna untuk perkembangan bayi.

Beberapa penelitian menyebut bahwa, air susu memiliki banyak manfaat seperti mengoptimalkan perkembangan si kecil, meningkatkan kekebalan tubuh dan mencapai berat badan ideal.

4. Air keringat

Air keringat yang diteteskan seorang ibu saat 9 bulan mengandung hingga menjaga anaknya merupakan salah satu air yang tidak dapat dibalas. Sebab, keringat ini merupakan bentuk kasih sayang sorang ibu pada anaknya.

Ilustrasi ibu dan anak.

Photo :
  • Istimewa

5. Air mata

Yang terakhir, air mata seorang ibu saat memanjatkan doa untuk keberhasilan anaknya. Tidak dapat dipungkiri banyak sosok inspiratif atau sukses di dunia ini hampir seluruhnya memiliki hubungan baik dengan ibunya.

“Yang selalu menghantar kesuksesan orang-orang hebat adalah air mata seorang ibu yang mengiringi kehidupan anaknya,” papar Ali

Terakhir, Ali mengajak ntuk senantiasa menghormati sosok Ibu karena hanya dengan cara itulah manusia akan memiliki makna terhadap kehidupan. Menurutnya, penciri orang hebat itu diantaranya adalah selalu menghormati ibunya.

Ilustrasi ibu dan anak/parenting.

Photo :
  • Freepik/lookstudio
Laura Theux dan Indra Brotolaras

Selamat! Laura Theux dan Indra Brotolaras Dikaruniai Anak Pertama

Laura Theux dan Indra Brotolaras memberi nama  anak pertamanya itu Wayan Victoria Semesta Brotolaras, yang lahir pada pukul 08.06 pagi.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024