Literasi Anak-Anak di Usia Dini, Kunci Masa Depan yang Cemerlang

Ilustrasi Anak Sekolah
Sumber :
  • ist

JAKARTA – Pengembangan literasi bagi anak-anak di usia dini menjadi hal yang harus diperhatikan untuk mengoptimalkan pengembangan kecerdasan dan kompetensi, seperti kemampuan berpikir kritis dan analisis. Di usia dini, anak-anak cenderung lebih mudah memahami apa yang dipelajarinya. Selain itu, pengetahuan terkait kesehatan juga harus diajarkan sedini mungkin agar anak-anak paham pentingnya arti kesehatan bagi diri mereka.

Bukan Hanya Menyenangkan, Ini 5 Manfaat untuk Anak Saat Main di Playground

Literasi kesehatan pada anak dilaksanakan dalam berbagai bentuk kegiatan pembelajaran, termasuk poster edukasi yang dipasang di area sekitar sekolah, membawa bekal sehat dari rumah, dan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan serta sebelum beraktivitas lainnya. Scroll lebih lanjut ya.

Arya Noble Group, yang merupakan induk perusahaan ERHA, telah aktif membangun taman baca anak di berbagai kota di Indonesia sejak tahun 2017. Saat ini, taman baca tersebut hadir di tujuh kota sepanjang Pulau Jawa. Taman Baca Jendela Dunia diharapkan dapat memberikan akses bagi anak-anak kurang beruntung dan terancam putus sekolah terhadap fasilitas pendidikan dengan lebih mudah dan menyenangkan.

Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

Melalui berbagai program pemberdayaan dan peningkatan literasi, anak-anak dilatih untuk memiliki semangat dan mimpi yang lebih tinggi, dengan tujuan memperbaiki kualitas dan taraf kehidupan diri mereka serta keluarganya. Salah satu contohnya adalah Taman Baca Jendela Dunia yang terletak di SDN Pasir Sari 02 Cikarang, Kabupaten Bekasi. Anak-anak di SDN Pasir Sari 02 Cikarang ini akan mendapatkan akses terhadap pendidikan yang lebih baik melalui penyediaan fasilitas belajar terbaru, kegiatan sosial yang dilakukan bersama relawan, hingga program peningkatan literasi yang bertajuk Berkarya Bercerita.

Ustaz Khalid Basalamah: Orangtua Gak Wajib Kasih Nafkah ke Anak Laki-laki Jika Sudah Baliqh

Maka dari itu, Arya Noble Group, bersama Dermies & Naturally Speaking by Erha yang merupakan portofolio brand group ERHA As.U.Wsh, menyelenggarakan kegiatan Berkarya Bercerita dengan anak-anak di SDN Pasir Sari 02 Cikarang. Acara ini diikuti oleh 180 siswa sekolah dasar dan para volunteer, yang terdiri dari Karyawan Arya Noble Group dan komunitas Dermies & Naturally Speaking. Mereka memiliki visi misi untuk mewujudkan segala keinginan mereka dalam banyak hal, termasuk untuk berbagi dan belajar bersama dengan anak-anak di SDN Pasir Sari 02 Cikarang.

Komunitas tersebut memiliki tujuan utama untuk memberikan kesempatan kepada setiap anggotanya untuk mengembangkan diri dalam berbagai bidang demi mewujudkan segala keinginan mereka dan mendapatkan pengalaman baru dalam berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi mereka dan masyarakat.

Ilustrasi anak belajar.

Photo :
  • Pixabay

Vergina Butar-Butar, selaku Head of ERHA As.U.Wsh, menyatakan, "Dengan adanya komunitas ini, diharapkan akan menjadi wadah bagi generasi muda untuk semakin memiliki kesadaran sosial dan mengaktualisasikan diri. Hal ini memungkinkan mereka untuk tumbuh dan berkembang bersama-sama dengan Dermies dan Naturally Speaking dalam melakukan kegiatan positif lainnya dan menebarkan manfaat kepada sesama, seperti kegiatan Berkarya Bercerita ini."

Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan aktivitas sosial dan berinteraksi secara langsung dengan memberikan edukasi kesehatan diri, belajar, berbagi, dan bercerita bersama, yang pada akhirnya meningkatkan literasi anak-anak. Kegiatan ini juga bertujuan membantu meningkatkan kemampuan literasi siswa dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih nyaman bagi anak-anak SDN Pasir Sari 02 Cikarang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya