IPB University Raih Terbaik 1 Indonesia SDG's Action Award 2023

Foto pemenang Indonesia's SDGs (Sustainable Development Goals) Action Awards.
Sumber :
  • Antara | M. Baqir Idrus Alatas

Yogyakarta – Sebagai bentuk apresiasi pemerintah Indonesia atas kinerja seluruh pihak untuk mencapai target tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB/SDGs), Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) menggelar Indonesia's SDGs (Sustainable Development Goals) Action Awards (ISAA) 2023.

PNM Excellence Award Bukti Nyata Apresiasi PNM Untuk Karyawan dan Unit Kerja Terbaik

Pada kategori perguruan tinggi, Pemenang ISAA 2023 diperoleh Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Hasanuddin, dan Institut Teknologi Sepuluh November. Selanjutnya, untuk kategori filantropi dimenangkan Lembaga Amil Zakat Nasional Pertamina Hulu Rokan (Laznas PHR), Yayasan Dompet Dhuafa Republika, serta Yayasan Bakti Barito.

IPB University

Photo :
  • Biro Komunikasi IPB University
Daftar Juri SATU Indonesia Awards 2024, Ada Raline Shah

“Sebagai koordinator pelaksanaan SDGs Indonesia, kami sangat menghargai upaya bersama baik dari pemerintah dan non pemerintah dalam mencapai SDGs,” kata Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam Konferensi Tahunan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau SDGs Annual Conference (SAC) 2023 di Yogyakarta, Senin 6 November 2023.

“Tentu kami akan terus mendokumentasikan, mendesiminasikan, mendorong praktek-praktek baik untuk seluruh masyarakat Indonesia, dan akhirnya masyarakat dunia,” lanjutnya.

Astra Gelar SATU Indonesia Awards 2024, Ini Syarat Jadi Peserta

Untuk kategori pemerintah provinsi, secara berurutan pemenang pertama hingga ketiga diperoleh Bali, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Barat. Kemudian, untuk kategori pemerintah kabupaten dimenangkan oleh Kabupaten Tapanuli Selatan dari Sumatera Utara, Kabupaten Bandung dari Jawa Barat, dan Kabupaten Temanggung dari Jawa Tengah.

Dalam kategori pelaku usaha besar, tiga perusahaan yang memperoleh penghargaan adalah PT Great Giant Pineapple, PT Rimba Makmur Utama, dan PT PLN (Persero). Lalu, untuk kategori koperasi dan UKM dimenangkan oleh Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Baitul Maal Wa Tamwil (KSPPS BMT) Beringharjo, Berkah Inovatif Kreatif Indonesia, serta PT Bhineka Rahsa Nusantara.

Selanjutnya, kategori Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) diraih oleh Wahana Visi Indonesia, Yayasan Plan Internasional Indonesia, dan Wallagri. Terakhir, penghargaan khusus ISAA 2023 dimenangkan oleh Lembaga Rumah Senja untuk Ketahanan Pangan Lintas Generasi dari perwakilan OMS dan kompas.id dari perwakilan media.

“Penghargaan kepada berbagai pihak yang telah menunjukkan kinerja dan contoh terbaik melalui Indonesia SDGs mudah-mudahan memicu kita semua. Saya berharap melalui konvensi ini, kita dapat meneguhkan kembali komitmen pencapaian SDGs dengan peran aktif dan kolaborasi seluruh pihak,” ujar Kepala Bappenas.

Baca artikel Edukasi menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya