Manusia Mana yang Peradabannya Paling Lama di Dunia?

Alat pendetektor gempa dari China kuno
Sumber :
  • Unbelieveable Facts

VIVA Edukasi – Beberapa peradaban seperti Mesir, China, dan Mesopotamia diketahui sebagai peradaban tertua. Namun, apakah mereka masuk ke kategori peradaban yang bertahan lama? Ada beberapa variabel untuk menentukan jawaban bagi pertanyaan tersebut.

Fakta-fakta Unik Tentang Uzbekistan, Negara Double Landlocked yang Jauh Dari Laut!

Makam kuno di China

Photo :
  • Dailymail
  • Pertama, sejarawan dan arkeolog modern tidak sepakat mengenai definisi tunggal dari sebuah peradaban, termasuk kapan sebuah peradaban dimulai dan kapan sebuah peradaban berakhir, dan banyak ahli yang meragukan apakah peradaban dapat diukur dengan cara ini.
  • Kedua, semua peradaban besar memiliki periode ketika mereka diperintah oleh "orang asing," misalnya, Hyksos di Mesir. Pasalnya, hal semacam ini menyulitkan untuk menentukan apakah mereka dapat dianggap sebagai peradaban yang berkelanjutan.
  • Ketiga, budaya di awal sebuah peradaban mungkin berbeda dengan budaya di akhir peradaban tersebut. Akibatnya, banyak sejarawan dan arkeolog modern tidak menganggap ide "peradaban" berguna. Di sisi lain, mereka lebih memilih menyoroti tentang budaya dan tradisi.
Timnas Indonesia U-23 Vs Uzbekistan, Sama-sama Bidik Sejarah Lolos Olimpiade

Situasi ini berbeda 100 tahun yang lalu, ketika para sejarawan dan arkeolog dengan senang hati melabeli beberapa budaya sebagai "peradaban".

Erick Thohir: Generasi Emas Timnas Indonesia Terus Ciptakan Sejarah Baru

Kembali ke tiga peradaban tertua, China seringkali dianggap sebagai peradaban yang paling bertahan lama. Pendapat ini muncul dari sejumlah pengukuran, seperti penggunaan tulisan, pendirian kota atau tradisi yang berkelanjutan.

Berdasarkan arkeologi dari negara-negara awal di wilayah yang sekarang menjadi wilayah China, termasuk reruntuhan Neolitikum dari budaya Liangzhu di Delta Sungai Yangtze, kadang-kadang diklaim bahwa peradaban China telah berusia lebih dari 5.000 tahun.

Namun, beberapa sejarawan melihat China masa kini terlalu berbeda dengan masa lalunya sehingga tidak bisa disebut sebagai peradaban yang berkesinambungan.

"Saya tidak berpikir bahwa apa yang terjadi hari ini di China terkait erat dengan hal-hal yang terjadi, katakanlah, sebelum tahun 1949 [revolusi China di bawah Mao Zedong] atau tahun 1911 (revolusi Xinhai yang mengakhiri dinasti kekaisaran terakhir di China)," kata Julia Schneider, seorang ahli sejarah konseptual dari University College Cork, Irlandia.

Mesir vs Mesopotamia

Alat pendetektor gempa dari China kuno

Photo :
  • Unbelieveable Facts

Mesir kuno dan Mesopotamia biasanya dianggap sebagai peradaban yang paling lama bertahan di bawah China.

Menurut salah satu perkiraan, diukur dari zaman firaun pertama dan penggunaan tulisan hieroglif hingga agama aslinya digantikan oleh agama Kristen, peradaban Mesir kuno bertahan selama sekitar 3.500 tahun.

Namun, Mesir terkadang diperintah oleh dinasti asing, dan baik hieroglif maupun agama Mesir memiliki bentuk yang berbeda pada masa-masa tertentu.

Sementara itu, di Mesopotamia, tulisan Sumeria dimulai sekitar 3200 SM, dan pemujaan terhadap dewa-dewa Mesopotamia diperkirakan berlangsung hingga abad ketiga Masehi.

Menurut kurator dan penjaga koleksi di bagian Babilonia di Museum Penn Philip Jones, Philadelphia, dengan hitungan itu, Mesopotamia mungkin dianggap bertahan dalam waktu yang sama dengan peradaban Mesir.

"Apa yang kebanyakan orang maksud dengan 'peradaban' harus dipahami sebagai ekstrapolasi tingkat tinggi yang cenderung kehilangan fokus ketika Anda melihat lebih dekat," kata Jones.

"Meski demikian, kecuali jika sejarah dilihat sebagai serangkaian peristiwa mikro yang hampir tak terbatas, orang berhak mengharapkan para sejarawan untuk mencoba membagi sejarah menjadi bagian-bagian yang lebih mudah dikelola," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya