UMSU Sabet 2 Emas dan 1 Perak di MTQ Mahasiswa Nasional

Mahasiswa/mahasiswi UMSU mengikuti MTQ Mahasiswa Nasional.
Sumber :
  • VIVA | BS Putra

Malang – Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) sukses merebut 2 medali emas, 1 perak dan 1 juara harapan pada ajang Musabaqah Tilawatil Qur'an Mahasiswa Nasional 2023 yang digelar di Universitas Brawijaya, Kota Malang.

Menggenggam Kilau Emas, Kisah Inspiratif Yoki Hardian Tenggara

Medali yang diraih pada MTQMN yakni, Juara I Tilawah Putra atas nama Daud Sitorus. Berikutnya, juara 1 Hifzil 10 Juz Putra atasnama Mursyid Affandi Rangkuti, juara 2 Qiraat Sab’ah (Adnan Tumangger ) serta juara Harapan 1 Hifzil Quran 30 Juz atas nama Nasrullah Jamil.

Rektor UMSU, Prof.Dr. Agussani, MAP menyampaikan, rasa bangga atas sukses yang berhasil diraih para mahasiswa di ajang MTQMN 2023 di Universitas Brawijaya, Malang. "Selamat kepada seluruh tim, qori dan qoriah yang telah meraih prestasi membanggakan di ajang MTQMN 2023," ucapnya, Jumat 10 November 2023.

Harga Emas Hari Ini 27 April 2024: Emas Antam Kinclong di Akhir Pekan

Agussani menjelaskan prestasi membanggakan yang diraih para mahasiswa di ajang MTQMN 2023 adalah bukti komitmen kampus dalam pembinaan di bidang kemahasiswaan yang tidak hanya berfokus pada aspek akademis.

UMSU juga memberi ruang dan kesempatan luas kepada para mahasiswa untuk memgembangkan bakat di bidang keterampilan dan seni membaca Al Qur'an.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Dukungan universitas kepada setiap mahasiswa untuk mengembangkan semua potensi yang dimiliki tak sebatas memberi kesempatan untuk berkompetisi, tapi juga menyediakan sarana dan prasarana untuk berlatih.

Al-Quran

Photo :
  • pixabay

"UMSU menyediakan wadah, salah satunya Lembaga Pendidikan Tilawatil Qur'an (LPTQ) kepada mahasiswa untuk mengembangkan potensi kemampuan dalam.bidang seni membaca dan memghafal Al Qur'an," katanya.

Dia berharap, raihan prestasi di ajang MTQMN 2023 bisa menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya. "Semoga prestasi ini bisa memberi motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk mengasah dan memgembangkan kemampuan serta keterampilan," katanya.

Sementara itu, Wakil Rektor III UMSU, Dr. Rudianto, MSi yang mendampingi langsung para mahasiswa serta menghadiri penutupan, menjelaskan, MTQMN merupakan ajang yang sangat bergengsi karena diikuti oleh seluruh perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia. Artinya persaingan untuk meraih prestasi sangat ketat karena setiap peserta berusaha maksimal untuk meraih yang terbaik.

Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Mahasiswa Nasional sendiri merupakan salah satu ajang bergengsi yang digelar dua tahun sekali. MTQMN dilaksanakan oleh Kemendikbudristek dalam upaya pengembangan talenta mahasiswa dibidang  Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ). 

Lebih lanjut Rudianto menjelaskan, UMSU sebagai salah satu perguruan tinggi Muhammadiyah berupaya maksimal guna meraih prestasi pada MTQMN 2023. Para mahasiswa yang ikut MTQMN berlatih secara rutin dan mengasah kemampuan melalui lembaga Pendidikan Tilawatil Qur'an UMSU.

Baca artikel Edukasi menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya