5 Negara Timur Tengah Ini Miliki Penganut Agama Nasrani Terbanyak

Ilustrasi Gereja Katolik.
Sumber :
  • AP Photo/Armando Franca.

VIVA Edukasi – Ada sejumlah negara Timur Tengah yang memiliki penganut agama Nasrani terbanyak. Salah satunya bahkan menjadi mayoritas. Kawasan Timur Tengah umumnya dikenali sebagai wilayah berisikan negara-negara dengan penduduk beragama Islam.

Imbas Konflik Israel-Iran, Emas Sumbang 0,08 Persen ke Inflasi RI April 2024 

Hal ini tidak bisa dipungkiri, mengingat sebagian besar negara di sana memang memiliki mayoritas penduduk Muslim. Selain agama Islam, ternyata masih ada agama atau kepercayaan lain yang banyak dianut warga negara Timur-Tengah.

Ilustrasi Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT) di Kupang.

Photo :
  • Istimewa.
Mulia Banget! Usai Belajar Islam, Pendeta Brian Siawarta Ingin Layani Umat Muslim

Dari sekian banyak, bisa disebutkan seperti Kristen. Lantas, mana sajakah negara Timur Tengah yang memiliki populasi Kristen besar? Berikut ulasannya. Negara Timur Tengah dengan Pemeluk Agama Nasrasni Terbanyak

1. Siprus

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Siprus mungkin tercatat sebagai anggota Uni Eropa. Namun, meski orang-orang memandangnya sebagai negara Eropa, mereka tetap terikat dengan Timur Tengah berdasarkan sejarah maupun aspek geografinya.

Pada pemerintahannya, Siprus tidak menekankan agama resmi di negaranya. Berdasarkan konstitusi, warga negara bebas untuk memilih keyakinan dan agamanya sendiri. Menurut data Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (Deplu AS), populasi Siprus mayoritas menganut agama Kristen Ortodoks.

Pada 2019, angkanya mencapai 89,1%. Kemudian, ada kelompok Islam sebesar 1,8%. Sedangkan sisanya terbagi atas Katolik Roma, Buddha, dan lainnya.

2. Lebanon

Lebanon menjadi salah satu negara terkecil di Timur Tengah. Mayoritas penduduknya diketahui menganut agama Islam. Selain itu, cukup banyak juga penduduknya yang memeluk agama Kristen. Menurut statistik pemerintahnya, ada sekitar 30,7% pada 2022.

3. Mesir

Warga tinggalkan Gaza menuju Mesir

Photo :
  • Aljazeera.com

Berikutnya ada Mesir, pada pertengahan 2022, penduduknya diperkirakan mencapai lebih dari 107 juta jiwa. Kedutaan AS di Mesir memperkirakan ada 90% penduduk Mesir yang menganut agama Islam.

Mayoritas di antaranya adalah pemeluk Sunni. Sedangkan agama lain, Kristen di Mesir memiliki angka 10%. Sebagian besar di antaranya menjadi bagian Gereja Ortodoks Coptic.

4. Suriah

Tak jauh berbeda dengan Mesir, Suriah juga memiliki pemeluk Kristen yang relatif banyak. Statusnya memang bukan mayoritas, namun persentasenya cukup banyak mencapai 10% (pertengahan 2020).

Namun, pemerintah AS memperkirakan jumlah tersebut mengalami penurunan. Salah satu faktornya karena perang saudara yang berkecamuk.

5. Yordania

Yordania (ilustrasi)

Photo :
  • Pixabay.

Pertengahan 2022 lalu, populasi negara Yordania diperkirakan mencapai 11 juta jiwa. Lebih dari 97% populasinya menganut agama Islam. Sementara di posisi kedua, ada pemeluk Kristen dengan persentase 2,1%. Itulah sejumlah negara Timur Tengah dengan persentase pemeluk Kristen terbesar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya