6 Mata Kuliah Nyeleneh Ini Ternyata Ada di Perguruan Tinggi

ilustrasi kuliah sambil bekerja.
Sumber :
  • Pixabay

Jakarta – Pernah membayangkan mempelajari mata kuliah ilmu sereal hingga Harry Potter di bangku perkuliahan? Di penjuru dunia, ternyata ada mata kuliah yang tidak hanya mempelajari sains, teknologi, atau ilmu sosial melainkan hal-hal yang cukup nyeleneh.

Depok Jadi Tuan Rumah Pembukaan Pendaftaran PPK untuk Pilkada 2024

Umumnya, mata kuliah unik ini erat kaitannya dengan kebudayaan atau kebiasaan manusia. Nah, VIVA mengutip dari laman Top Universities mengenai daftar mata kuliah aneh dan nyeleneh tapi menarik untuk dipelajari:

ilustrasi kuliah sambil bekerja.

Photo :
  • Pixabay
Langkah PBNU Persiapkan Santri Sukses Masuk PTN Favorit

1. Wine

Cornel University memiliki mata kuliah yang mempelajari bagaimana cara membuat wine. Hal yang dipelajari adalah aspek non fermentasi dari produksi wine.

Muhadjir Effendy Koordinasi dengan Kemendikbud soal 33 Kampus Diduga Terlibat TPPO

Mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini diharapkan dapat berpikir kreatif dan menunjukkan rasa penasaran.

2. Forgetting of Air

Forgetting of air mempelajari udara, tubuh, dan pikiran melalui konteks yang berbeda. London Metropolitan University menyediakan mata kuliah ini.

Tujuannya agar membantu mahasiswa memahami budaya melalui panca indera yang berpengaruh terhadap cara pandang seseorang melihat arsitektur.

Mata kuliah ini juga berhubungan dengan filosofi, estetika, dan lingkungan.

3. Penerbitan Buku Komik

Ilustrasi aksi masyarakat turun ke jalan. (twitter/komikkita)

Photo :
  • vstory

Sebenarnya mata kuliah penerbitan buku komik tidak terlalu aneh. Namun cukup unik dipelajari. Mata kuliah ini ada di Minneapolis College of Art and Design (MCA).

Hal yang dipelajari yaitu memproduksi dan mempromosikan buku komik cetak maupun online. Selain itu juga mempelajari pemindaian, proses mencetak, dan memasarkan.

4. Ilmu Sereal

Kansas State University mempunyai mata kuliah unik yaitu ilmu sereal. Mahasiswa akan mengetahui karakteristik sereal, kacang-kacangan, komponen, dan cara mengolah sereal.

5. Harry Potter

Kai Rooney bergaya Harry Potter

Photo :
  • Daily Mail

Familiar dengan Harry Potter? Buku fenomenal yang telah difilmkan. Departemen Pendidikan dari Durham University menawarkan mata kuliah Harry Potter dan Zaman Ilusi.

Mata kuliah ini termasuk dalam kajian budaya populer. Hal yang dipelajari yaitu keterkaitan buku Harry Potter dan pendidikan kewarganegaraan. Juga metode penulisan cerita dan interpretasi fiksi terhadap kebijakan pendidikan.

6. Kanibalisme, Peradaban, dan Kejahatan Terorganisir

Kanibalisme, peradaban, kejahatan terorganisir, dan korupsi ada di Kazakhstan's University yang termasuk ke dalam ranah ilmu Antropologi Sosiologi.

Profesor dari Nazarbayev University Gavin Slade mengatakan, mata kuliah ini dapat memberikan perspektif yang unik kepada mahasiswa mengenai sejarah manusia hingga bentuk dari masyarakat melalui sejarah.

"Mahasiswa ingin mempelajari topik yang tidak biasa, sehingga kursus ini mendapatkan masukan yang baik secara keseluruhan," ujar Slade.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya