MIS Fatahillah Raih 5 Piala di Batavia Marching Band Open Competition

Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Fatahillah tampil di Batavia Marching Band Open
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Fatahillah meraih lima piala di ajang bergengsi Batavia Marching Band Open Competition yang berlangsung hari ini, Minggu 26 November 2023.

Kampus di Tangerang Buka Program Pertukaran Pelajar ke Luar Negeri, Ini Syarat dan Kuotanya

Dalam ajang yang digelar di Gedung Olah Raga (GOR) Ciracas, Jakarta Timur ini, MIS Fatahillah meraih Peringkat 4 Junior, Juara 3 teknik, Juara 4 artistry, Juara 3 field commander, dan Juara 2 costume unit.

MIS Fatahillah menyabet 5 piala di Batavia Marching Band Open 2023

Photo :
  • Istimewa
Mentari Assessment Gandeng OxfordAQA Dorong Kemajuan Pendidikan Indonesia

Khuriyah, salah satu guru yang mendampingi peserta dari sekolah Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Fatahillah, mengaku antusias mengikuti Batavia Marching Band Open Competition.

"Alhamdulillah setelah beberapa bulan anak-anak kami terus latihan intensif untuk mengikuti lomba Batavia ini, akhirnya bisa bernafas dengan lega," kata Khuriyah usai mendampingi penampilan siswa didiknya. 

5 Fakta Menarik Hari Pendidikan Nasional

"Terimakasih atas doa dan support yang luar biasa dari ayah bunda semuanya. Support yang luar biasa dari wali murid dan guru guru membawa hasil yang tidak mengecewakan," lanjut Khuriyah.

MIS Fatahillah Raih 5 Piala di Batavia Marching Band Open Competition

Photo :
  • Istimewa

Batavia Marching Band Open Competition Hadir Setelah 2 Tahun Absen

Batavia Marching Band Open Competition merupakan Kejuaraan Marching Band untuk tingkat TK, Junior (SD), Senior (SMP/SMA), dan umum. 

Ajang tingkat nasional ini kembali hadir setelah 2 tahun sebelumnya absen imbas pandemi COVID-19.

Tahun ini, total ada 30 konstentan yang berlomba unjuk kemampuan kreativitas dalam teknik drum band demi memperebutkan Piala Tetap Kemenpora RI. 

Dewi Farida selaku Ketua Panitia mengatakan, bahwa even ini merupakan even tahunan. Dan untuk Batavia Marching Band ini adalah giat yang ke-4 pada tahun 2023. 

"Tahun ini adalah yang keempat kali kami adakan. Nah kemarin itu kan sempet memang ada pandemi, kalau tidak ada pandemi mungkin ini sudah yang ketujuh," ujar Dewi.

"Kemarin di hari pertama ada 30 unit peserta. Hari ini juga 30 unit peserta. Kalau kemarin khusus untuk tingkat senior di hari pertama yaitu SMP dan SMA. Dan hari ini untuk tingkat TK dan SD," lanjutnya.

Bagian dari Event Marching in Harmony

Dewi menambahkan, Batavia Marching Band ini merupakan bagian daripada event Marching in Harmony yang sudah berlangsung selama 16 tahun yang sebenarnya lebih fokus pada anak tingkat TK dan SD aja. 

"Ternyata di Indonesia ini, khususnya di Jakarta ini banyak sekali sekolah SMP dan SMA yang mempunyai eks-scholl drum band tapi tidak punya tempat untuk berlomba. Makanya saya sediakan wadah melalui Batavia Marching Band ini," tambah Dewi.

Antusiasme peserta terlihat dari banyaknya perwakilan sejumlah sekolah dengan skala Nasional. Mulai dari keterampilan musik drumband hingga kostum yang digunakan sebagai bagian dari penilaian dewan juri.

Adapun sekolah tingkat SD yang mengikuti kejuaraan di antaranya, SDIT Al-Ittihad, SDN Raudatul Muttaqin, SDN Sumur Batu 12, MIS Fatahillah, SD Bhayangkari 5, dan lain lain.

Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Fatahillah tampil di Batavia Marching Band Open

Photo :
  • Istimewa

Acara yang diselenggarakan oleh PT. Global Semangat Muda ini didukung juga oleh Kemenpora RI, PB PDBI, Pengprov PDBI DKI Jakarta, KONI dan Dispora DKI Jakarta.

Baca artikel Edukasi menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya