Universitas Katolik Atma Jaya Lantik Rektor Baru

Universitas Katolik Atma Jaya Lantik Rektor Baru
Sumber :
  • Dokumentasi Universitas Katolik Atma Jaya

VIVA – Panitia seleksi Yayasan Atma Jaya, melalui proses panjang sejak Februari hingga Juni 2023, akhirnya telah menetapkan Prof. Dr. dr Yuda Turana, Sp. S (K) sebagai Rektor Universitas Katolik Atma Jaya yang baru, periode 2023–2027, menggantikan Dr. Agustinus Prasetyantoko. 

Profesor Pro-Israel Lecehkan Wanita Berhijab di Kampus AS, Langsung Dipecat!

Dalam sambutannya, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LDIKTI) Wilayah III, Prof. Dr. Toni Toharuddin mengapresiasi prestasi Unika Atma Jaya sebagai lembaga yang unggul di bidang pendidikan, dan berharap memainkan peran lebih proaktif dalam memecahkan persoalan sosial, ekonomi dan budaya di tengah masyarakat. 

“Pelantikan rektor baru tentu membawa asa agar unversitas ini terus menjadi kampus yang unggul. Oleh karena itu mari kita bersinergi, berkolaborasi, dan berinovasi untuk menciptakan lingkungan akademik yang memberikan kontribusi solusi nyata bagi masyarakat,” kata Prof. Dr. Toni Toharuddin dalam sambutannya pada Pelantikan Rektor Unika Atma Jaya di Jakarta, Jumat 8 Desember 2023. 

Pilmapres 2024, Dua Mahasiswa UMSU Sabet Juara 1 Sekaligus

Prof. Dr. Toni Toharuddin mengemukakan, aspek krusial keberadaan suatu kampus adalah untuk tetap berdiri tegak sebagai pelopor perubahan, bukan menara gading yang berjarak dengan masyarakatnya, maka pelan tapi pasti kampus sedang menuju keruntuhannya. 

Sementara itu, Ketua Yayasan Atma Jaya, Linus M. Setiadi mengemukakan, peningkatan status menjadi universitas unggul merupakan bukti nyata konsistensi dan transformasi yang berlangsung selama ini telah berjalan baik. 

Diprotes Mahasiswa Uang Kuliah Naik, Wakil Rektor USU Sebut Disetujui Pemerintah

“Peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang unggul harus diwujudkan secara serius. Terlebih untuk memenuhi visi Indonesia Emas 2045,” kata Linus Setiadi.

Rektor Unika Atma Jaya, Prof Dr.dr. Yuda Turana, Sp. S (K) menyampaikan komitmennya bahwa sebagai perguruan tinggi unggulan, Unika Atma Jaya tidak sekedar memberikan pengetahuan teoritis, namun juga menyiapkan mahasiswa dengan keterampilan berkualitas untuk mampu beradaptasi di dunia kerja dan kehidupan sosial.

“Semangat kolaborasi, sinergisme, dan inovasi menuju Atma Jaya yang unggul merupakan fokus utama universitas. Dengan demikian semangat unggul itu juga yang akan mewarnai pencapaian sumber daya manusia Indonesia yang Unggul,” kata Prof. Yuda Turana, yang juga merupakan Dewan Pembina Komunitas Alzhaimer Indonesia. 

Menurut pakar syaraf Indonesia itu, kolaborasi lintas disiplin memungkinkan melihat masalah dari berbagai perspektif dan mendorong terciptanya inovasi yang revolusioner.

“Unika Atma Jaya kedepannya akan semakin memfasilitasi akses mahasiswa kepada sumber daya dan dukungan pengembangan keterampilan adaptif, meningkatkan program pembelajaran yang fleksibel, peluang akses pembelajaran online, dan sertifikat pembelajaran online pada lebih dari 100 universitas ternama dunia,” katanya. 

Pada kesempatan itu, Uskup Agung Jakarta, Kardinal Ignatius Suharyo mengatakan, Rektor baru, Prof. Dr. dr. Yuda Turana, Sp. S (K), merupakan Rektor Unika Atma Jaya yang ke 16, di dalam tahun ke 63 Unika Atma Jaya hadir di Indonesia. 

Berdasarkan kacamata iman, peristiwa pelatikan ini bukanlah hal yang biasa, tetapi luar biasa, karena bertepatan dengan Hari Raya Santa Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda.

Baca artikel Edukasi menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya