Bekasi Kumpulkan 150 Guru Paud Buat Bikin Lagu Anak

Workshop lagu anak
Sumber :

Bekasi – Dewan Pendidikan Kabupaten Bekasi gandeng Universitas Pelita Bangsa gelar Workshop Nasional Ayo Cipta Lagu Anak, di Aula Universitas Pelita Bangsa, Kamis 14 Desember 2023.

Jangan Ragu Masukkan Anak ke PAUD Bun, Ini 5 Manfaat Pentingnya

Mengambil tema “Tingkatkan Pendidikan Unggul, Berkarakter, dan Kearifan Lokal”, workshop ini mengajak seluruh pengajar di pendidikan PAUD bersama-sama menumbuhkan kreativitas dalam mencipta lagu anak

Anak-anak usia dini kini lebih mengenal lagu bukan untuk usianya atau soundtrack sebuah film, ketimbang lagu anak. Selain semakin sedikit pencipta lagu anak yang popular, anak usia dini lebih banyak mengenal lagu di tempatnya bersekolah dengan lagu yang terbatas.

Ogah Pakai Pelampung, Bocah 6 Tahun di Cikarang Tewas Tenggelam di Kolam Renang

Universitas Pelita Bangsa Gelar Workshop Nasional

Photo :

Dilatarbelakangi hal tersebut Dewan Pendidikan Kabupaten Bekasi untuk menginisiasi kegiatan ini dengan harapan munculnya lagu baru di kalangan guru PAUD di seluruh Indonesia. 

Diduga Ada Penggelembungan Suara, Caleg Golkar Sarim Saefudin Cari Keadilan

Hadir sekitar 150 peserta guru PAUD dari berbagai sekolah di kabupaten Bekasi yang hadir secara luring dan 800 lebih peserta hadir secara luring. Untuk lagu anak hasil kreasi guru PAUD di Kabupaten Bekasi yang lolos seleksi akan dikemas dalam 1 album lagu.

Nantinya lagu-lagu ini akan digunakan pada semua PAUD yang ada di Kabupaten Bekasi maupun Nasional. Dalam sambutannya, Rektor Universitas Pelita Bangsa, Hamzah Muhammad Mardi Putra, “Kami ucapkan selamat datang dan selamat berkreativitas di Kampus Pelita Bangsa. Harapannya di kampus ini akan terlahir lagu-lagu anak yang penuh makna positif. UPB pun telah menyiapkan program studi untuk para guru PAUD yang ingin meningkatkan kompetensinya ke jenjang strata 1, sehingga kemampuan akademik guru PAUD terus meningkat.”

Rilis lagu anak

Photo :

Sementara itu, Awi Jaya, Sekretaris Dewan Pendidikan Kabupaten Bekasi menuturkan, “Anak usia dini memiliki rentang waktu masa keemasan yang harus distimulasi pendidikan, salah satunya melalui lagu. Karena anak-anak pada usia ini memang sangat mudah menyerap pengetahuan dengan cara bermain atau melalui lagu.”

Pada acara tersebut juga dihadiri Bunda PAUD Kabupaten Bekasi, Ria Sabaria yang mengungkapkan, “Cipta lagu ini menjadi kesempatan guru PAUD dan orang tua dalam mengeksplorasi cara mendidik baru melalui nada dan lirik. Melalui musik akan membangkitkan keceriaan dan pesan positif melalui bahasa yang universal kepada anak usia dini.”

Kegiatan ini tentu saja tidak akan berjalan dengan lancar tanpa dukungan Universitas Pelita Bangsa yang telah menyediakan aula dan perangkat teknologinya, dukungan PT TACI PAUD Astra, HIMPAUDI, dan guru PAUD se-Indonesia yang hadir secara daring maupun luring.

Baca artikel Edukasi menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya