Sambut Hari Ibu, UIN Jakarta Kukuhkan 16 Guru Besar Perempuan

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengukuhkan 16 guru besar perempuan.
Sumber :
  • Antara

VIVA – Menyambut Hari Ibu, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta mengukuhkan 16 guru besar atau profesor perempuan, Jumat 22 Desember 2023.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

"Kehadiran 16 guru besar baru dari kalangan perempuan kian menegaskan UIN Jakarta sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dengan jumlah guru besar terbanyak, termasuk guru besar perempuan," kata Rektor UIN Jakarta Prof Asep Saepudin Jahar di Jakarta.

Data yang dirilis Pusat Informasi dan Humas pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menunjukkan, ke-16 guru besar perempuan yang dikukuhkan memiliki kepakaran bidang ilmu yang beragam, mulai dari ilmu keagamaan Islam, pendidikan, bahasa, sains, psikologi, kesehatan, dan lingkungan.

Sambut Hari KI Sedunia, RuKI Bergerak Berikan Edukasi ke Seluruh Indonesia

Selain itu, ke-16 guru besar ini merupakan bagian dari 43 guru besar yang dikukuhkan secara bertahap sejak November hingga Desember 2023.

"Pengukuhan para guru besar baru ini mencerminkan komitmen UIN Jakarta dalam pengembangan sumber daya pengajar berkualitas serta mendorong riset, pendidikan, pengajaran, dan pengabdian sosial yang lebih kuat," ucap Asep.

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah

Kehadiran para guru besar ini, menurut dia, semakin mengokohkan peran UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai lembaga pendidikan tinggi yang berfokus pada keunggulan akademik berbasis integrasi keilmuan.

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Photo :
  • uinjkt.ac.id

"Kehadiran mereka akan menjadikan UIN Jakarta semakin kuat sebagai pusat keunggulan akademik, tempat di mana penelitian inovatif, pengajaran berkualitas, dan pengabdian kepada masyarakat dapat terus berkembang," tuturnya.

Asep menambahkan, pengukuhan ke-16 guru besar perempuan ini adalah bentuk komitmen UIN Jakarta untuk terus mengarusutamakan perempuan dalam bidang akademik.

"Pengukuhan mereka menjadikan representasi kelompok perempuan dalam dunia akademik perguruan tinggi keagamaan Islam di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta makin terwakili," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Senat UIN Jakarta, Prof. Dr. Dede Rosyada juga turut menyampaikan apresiasi atas prestasi para guru besar baru dari berbagai bidang ilmu yang dikukuhkan hari ini.

"Prestasi ini tidak hanya mencerminkan kecemerlangan individu, tetapi juga mencerminkan kualitas dan keunggulan UIN Jakarta dalam menghasilkan intelektual dan pemimpin akademik terdepan," paparnya.

Ke-16 guru besar yang dikukuhkan adalah Prof. Dr. Dzuriyatun Toyibah M.Si M.A. (Ilmu Sosiologi), Prof. Dr. Fadhilah Suralaga M.Si. (Ilmu Psikologi Pendidikan), Prof. Dr. Megga Ratnasari Pikoli M.Si (Ilmu Mikrobiologi Lingkungan), dan Prof. Hoirun Nisa M.Kes Ph.D. (Ilmu Epidemiologi).

Lalu, Prof. Siti Nurul Azkiyah M.Sc Ph.D (Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris), Prof. Iim Halimatusa’diyah M.A. Ph.D. (Ilmu Sosiologi Pembangunan), Prof. Dr. Sururin M.A. (Ilmu Pendidikan Islam), dan Prof. Dr. Zahrotun Nihayah M.Si (Ilmu Psikologi).

Selanjutnya, Prof. Dr. Nur Inayah M.Si (Ilmu Matematika), Prof. Dr. Darsita S. M.Hum (Ilmu Linguistik), Prof. Dr. Zilhadia M.Si Apt. (Ilmu Analisis Farmasi), Prof. Maila Dinia Husni Rahiem M.A. Ph.D. (Ilmu PAUD dan Kesejahteraan Sosial), Prof. Dr. Ir. Siti Rochaeni M.Si (Ilmu Manajemen Agraria), Prof. Dr. Rena Latifa M.Si (Ilmu Psikologi Agama), Prof. Dr. Hendrawati M.Si (Ilmu Kimia Lingkungan), dan Prof. R. Yani’ah Wardani M.Ag (Ilmu Bahasa Arab). (Ant)

Baca artikel Edukasi menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya