Universitas Bakrie Populerkan Konsep Berkelanjutan

Universitas Bakrie Populerkan Konsep Berkelanjutan
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Pusat Studi Geopark Universitas Bakrie dan Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie pada hari Jumat, 12 Januari 2024 mengadakan webinar dan kolokium internasional. Acara tersebut diadakan secara hybrid di RUang Diplomasi Bakrie Tower Lt 40 dan aplikasi zoom.

Optimalkan Peluang Digital, Siswa di Sorong Diperkenalkan Literasi Hak Cipta bagi Kreator

Kegiatan ini dibuka dengan welcoming remark oleh Rektor Universitas Bakrie, Prof. Ir. Sofia W. Alisjahbana, Ph. D., M. Sc, IPU, ASEAN. Eng , yang sedang berada di Sapporo, Jepang. 

Universitas Bakrie Populerkan Konsep Berkelanjutan

Photo :
  • Istimewa
Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Webinar "Hak dan Tanggung Jawab di Ruang Digital"

Webinar menghadirkan pembicara internasional. Pertama, Immanuel Deo, mahasiswa Columbia University ini memaparkan makalahnya mengenai Youth Roles for Geopark Sustainability agnsugn dari New York. Pembicaraa kedua, Dr Young Ng, melakukan presentasi dari Sydney, Australia, membahas mengenai Challenges of establishing the World’s first metropolitan geopark: A case study of the Hong Kong UNESCO Global Geopark. Ketiga, M. Triandika Kurniawan, dosen program studi Ilmu Politik yang juga menjabat sebagai wakil rector Universitas Bakrie, membawakan makalah berjudul Towards Sustainable Democracy .

Kemudian, Kepala Pusat Studi Geopark Universitas Bakrie, Eli Jamilah Mihardja, menerangkan bahwa kegiatan ini merupakan diseminasi hasil penelitian yang dibiayai Hibah Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi melalui skema Riset Fundamental tahun 2023.

Kowani Kaji Uji Materi Aturan Pembagian Harta Bersama yang Merugikan Perempuan

Di dalam acara ini diluncurkan sebuah buku berjudul “Geobranding Pedoman Branding untuk Geopark.” Selain itu diresmikan juga jurnal internasional yang diterbitkan secara biannual oleh Pusat Studi Geopark Universitas Bakrie dengan nama “The Geopark Gazette”.

Selain sebagai kegiatan diseminasi hasil riset, kegiatan ini juga merupakan aktivitas perkuliahan pada Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie. Aktivitas kolokium ini menjadi display hasil kajian mahasiswa dalam mata kuliah Komunikasi Media dan Budaya Populer yang juga diampu oleh Eli Jamilah Mihardja.

Doktor dalam bidang Environmental Journalism lulusan Universiti Sains Malaysia mengaplikasikan strategi pembelajaran experiental learning sebagai ciri khas Universitas Bakrie dengan menggelar final project berupa presentasi artikel-artikel ilmiah dengan tema popularizing the sustainability.

Mahasiswa magister dari Universitas Bakrie juga membawakan topik diskusi mengenai sustainability yang diimplementasikan melalui berbagai cara, seperti program CSR, Wellness/Medical Tourism, budaya daerah setempat, gerakan pelestarian lingkungan di media sosial, film dokumenter, dan green marketing yang diimplementasikan dengan menggunakan media sosial.

Universitas Bakrie Populerkan Konsep Berkelanjutan

Photo :
  • Istimewa

Diskusi ini mengungkap konsep keberlanjutan dapat diimplementasikan dengan berbagai cara, sehingga diperoleh pemahaman bahwa semua orang dapat menjaga lingkungan dengan cara apapun yang dilakukan.

Kegiatan bertajuk Popularizing the Culture of Sustainability ini dihadiri oleh peserta online sebanyak 85 orang yang berasal dari kalangan mahasiswa, penggiat geopark, kalangan akademisi, serta peminat kajian mengenai sustainability.

Kepala Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie, Dr Prima Mulyasari Agustini, menyampaikan kepuasan karena kegiatan ini berjalan dengan lancar dan rapi. Harapannya, mahasiswa mendapatkan pengalaman dan jaringan internasional yang menarik sehingga memperluas wawasan serta membuka jalan ke arah perkembangan ilmu yang dinamis dan global.

Universitas Bakrie institusi swasta terbaik di Jakarta menurut THE Impact Rankings 2023

Webinar dan kolokium ini sendiri merupakan upaya Universitas Bakrie untuk membantu mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Acara ini berfungsi sebagai platform untuk distribusi dan pertukaran pengetahuan mengenai gagasan pembangunan berkelanjutan dan pendekatan untuk mempromosikannya melalui komunikasi.

Universitas Bakrie Jakarta merupakan institusi perintis dalam pengintegrasian prinsip-prinsip Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) ke dalam seluruh kegiatan akademiknya. Universitas Bakrie berhasil meraih peringkat sebagai institusi swasta terbaik di Jakarta menurut THE Impact Rankings 2023.

Pencapaian ini menandai keberhasilan Universitas Bakrie selama tiga tahun berturut-turut, setelah tahun 2021, 2022, dan tahun 2023 ini. Pencapaian ini tidak dapat disangkal lagi meningkatkan posisi dan kontribusi Universitas Bakrie sebagai universitas swasta terkemuka di Jakarta dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Sejumlah indikator

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya