Generasi Z Diharap Jadi Pemilih Rasional di Pilpres 2024

Tiga kontestan paslon Pilpres 2024 saat menghadiri debat kelima di JCC, Senayan,
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Organisasi Garda Matahari mengajak generasi Z dan generasi milenial untuk bisa menjadi pemilih rasional dalam Pilpres 2024. Garda Matahari menggelar kegiatan diskusi bersama milenial dan gen Z pada Rabu, 7 Februari 2024. Kegiatan yang bertajuk Muda Mudi Perubahan ini mengambil tema besar, “Oase Baru di Tengah Politik Toxic”.

Anies Sebut PKS Sedang 'Galau'

Gelaran diskusi ini mendatangkan berbagai narasumber mulai dari Jubir Muda TIMNAS AMIN yakni Wulan Sari Mochtar, Latifina Ali, dan Aji Pratama. Sementara dari elemen TIMNAS sendiri dihadiri langsung oleh Co Captain 7 TIMNAS AMIN Leontinus Alpha Edison yang juga founder dari e-commerce Tokopedia.

Sedangkan, dari internal Garda Matahari diwakili oleh divisi pemuda yakni Mizan Al-Araaf dan Damurrosysyi Mujahidain.

Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi di Depan Surya Paloh dan Cak Imin

Forum kepemudaan yang dilaksanakan di Owl Claws Coffee and Space, Jakarta Pusat ini menghadirkan Generasi Z dan Milenial yang beberapa di antaranya masih berstatus swing voters atau belum menentukan pilihan.

Diawali dari pemaparan divisi pemuda Garda Matahari, Mizan tekankan beberapa alasannya memilih pasangan calon Anies-Muhaimin dalam kontestasi pemilihan presiden 2024. Menurutnya ada beberapa kriteria yang tepat dalam tubuh pasangan calon nomor urut satu itu. 

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Mulai dari model berkampanye yang mendidik, hingga visi-misi yang komprehensif dan detail membahas segala problem kebangsaan.

“Saya tekankan pilihan saya jatuh pada Anies-Muhaimin dengan beberapa alasan rasional. Mulai dari cara berkampanye yang berbeda dari biasanya serta benar-benar mendidik publik secara baik, hingga penyusunan visi-misi yang detail dan menyeluruh”, jelas Mizan.

Pada pemaparan selanjutnya, para narasumber menjelaskan dengan baik beberapa pembahasan mengenai pelaksanaan pemilu saat ini dan kaitannya dengan urgensi dari generasi z dan milenial. 

Para pemateri selalu menekankan bahwasanya penting untuk melakukan pertimbangan secara matang sebelum menentukan pilihan. Tentu pertimbangan yang dilakukan itu tidak boleh diintervensi oleh pihak lain yang dengan sengaja mempengaruhi keputusan dengan cara yang kurang baik.

Co Captain 7 Timnas AMIN, Leontinus Alpha Edison juga turut mendukung kegiatan pengembangan pemuda khususnya pada kegiatan pemenangan pasangan calon nomor urut satu itu. Ia juga menjelaskan betapa contoh meritrokrasi berjalan pada tubuh Timnas AMIN.

“Ada satu hal yang membuat tim sukses satu berbeda dari pasangan calon lainnya. Ya, bagaimana meritrokrasi berjalan dalam tubuh tim dengan baik yang ini akan menjadi gambaran positif ketika Anies-Muhaimin menjadi presiden dan calon presiden Indonesia” jelasnya.

Diskusi berjalan dengan baik yang dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab dari audience. Dialog interaktif tersebut mengundang banyak pertanyaan serta keresahan kaum muda dalam konteks pemilu khususnya untuk menentukan calon presiden mana yang akan dipilih nantinya.

Baca artikel Edukasi menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya