6 Tanda dan Aura Orang yang Bakal Meninggal Menurut Islam

Ilustrasi meninggal dunia.
Sumber :
  • East2West

Jakarta – Tidak ada yang mengetahui secara pasti kapan datangnya kematian. Umur dan ajal seseorang adalah rahasia yang hanya diketahui oleh Allah SWT.

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

Hal ini dijelaskan dalam surat Luqman ayat 34:

Innallāha 'indahụ 'ilmus-sā'ah, wa yunazzilul-gaīṡ, wa ya'lamu mā fil-ar-ḥām, wa mā tadrī nafsum māżā taksibu gadā, wa mā tadrī nafsum bi`ayyi arḍin tamụt, innallāha 'alīmun khabīr

Asuransi Kesehatan Jadi Primadona Usai Lebaran

Ilustrasi meninggal.

Photo :
  • vstory

Artinya: Sesungguhnya hanya di sisi Allah ilmu tentang hari Kiamat; dan Dia yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tidak ada seorang pun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan dikerjakannya besok. Dan tidak ada seorang pun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Maha Mengenal.

Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia

Aura dan Tanda Orang yang Akan Meninggal

Dikutip dari tulisan berjudul Kematian Dalam Al-Qur'an: Perspektif Ibn Kathir karya Abdul Basit, berikut beberapa aura orang yang akan meninggal menurut Imam Ghozali :

1. Menggigil

Salah satu tanda orang yang akan meninggal dan hanya akan disadari oleh mereka yang dikehendakinya. Tanda ini biasanya akan dirasakan pada setelah waktu asar, 100 hari sebelum kematian.

Seluruh tubuh mulai dari ujung rambut hingga ke ujung kaki akan mengalami getaran seakan-akan menggigil. Bagi mereka yang tidak diberi kesadaran atau mereka yang hanyut dengan kenikmatan tanpa memikirkan soal kematian, maka tanda akan hilang.

2. Berdenyut bagian pusar dan kebingungan

Ilustrasi meninggal dunia.

Photo :
  • http://www.onvsoff.com

Tanda ini terjadi pada 40 hari sebelum hari kematian ketika setelah waktu asar. Bagian pusar seseorang akan berdenyut atau berdetak.

Ketika ini daun yang tertulis nama akan gugur dari pohon di atas arsy Allah SWT. Maka malaikat maut akan mengambil daun tersebut dan mulai mengikuti sepanjang waktu. Jika malaikat maut ini memperlihatkan wajahnya sekilas, maka mereka yang terpilih akan merasa kebingungan.

3. Meningkatnya selera makan

Tanda ini diberikan hanya kepada mereka yang diuji dengan musibah sakit di mana orang sakit yang tidak makan secara tiba-tiba berselera untuk makan. Hal ini terjadi pada 7 hari sebelum kematian.

4. Denyutan pada dahi

Pada masa ini akan terasa denyutan pada dahi bagian tengah. Hal ini terjadi 3 hari sebelum kematian.

Ketika ini mata hitam seseorang tidak akan bersinar lagi. Bagi orang yang sakit, hidung mereka akan perlahan-lahan menurun. Dapat diketahui jika seseorang melihatnya dari bagian samping.

Telinganya akan layu di mana ujungnya semakin lama semakin masuk ke dalam. Telapak kakinya yang terlunjur perlahan akan jatuh ke depan dan susah untuk ditegakkan.

5. Denyutan di ubun-ubun

Ilustrasi meninggal.

Photo :
  • vstory

Ketika satu hari sebelum kematian, seseorang akan merasakan denyutan di bagian belakang atau di ubun-ubun. Hal ini menandakan tidak akan sempat menemui waktu asar keesokan harinya.

6. Merasa Dingin

Ketika seseorang merasakan keadaan dingin pada bagian pusar, naik ke jakun, dan turun ke pinggang, maka hendaknya ia mengucapkan syahadat dan berdiam diri menunggu kedatangan malaikat maut.

Demikian penjelasan tentang aura orang yang akan meninggal. Dalam tulisan yang diterbitkan UIN Jakarta tersebut penulis mengingatkan, kematian adalah rahasia Allah SWT sepenuhnya.

Imam Al-Ghazali sendiri berkesempatan mengetahui tanda-tanda tersebut melalui peristiwa serupa yang terjadi di dirinya. Beliau dikenal sebagai imam besar yang dipercaya dengan kemampuan dan kompetensi sempurna. Hal serupa belum tentu terjadi pada manusia biasa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya