5 Ciri Orang Kafir yang Disebut Dalam Al-Quran, Ada di Kamu?

Ilustrasi api neraka.
Sumber :
  • Daily Mail

Jakarta – Sebelum memaparkan tanda-tanda seseorang yang dikategorikan sebagai kafir, penting untuk memahami makna dari istilah tersebut.

Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup

Dalam buku Ahl Al-Kitab: Makna dan Cakupannya dalam Al-Quran karya Prof. Dr. H Muhammad Galib, istilah "kafir" yang berarti menutupi. Dalam teks Al-Quran, kata "kafir" atau "kufr" disebutkan sebanyak 525 kali.

Al-Quran memberikan definisi kafir sebagai tindakan yang berkaitan dengan hubungan individu dengan Tuhan. Ini termasuk penolakan terhadap nikmat Tuhan atau ketidakbersyukuran terhadap-Nya, menghindari tanggung jawab atau melepaskan diri dari kewajiban, dan berbagai perilaku lainnya.

Houthi: Arab Saudi Ingin Hapus Ayat Al Quran dari Buku Pelajaran untuk Menenangkan Tuntutan Zionis

Ilustrasi Alquran.

Photo :
  • Freepik

Bahkan, terdapat surah khusus dalam Al-Quran yang disebut Al-Kafirun yang ditujukan secara khusus kepada mereka yang melakukan tindakan tersebut, sebagaimana dijelaskan oleh Ali As-Sahbuny dalam Kamus Al-Quran: Quranic Explorer. Berikut cirinya:

Kerusakan Iklim dan Alam Jadi Tanda Kiamat? Begini Penjelasan Al Quran dan Sains

1. Bersifat sombong dan menolak kebenaran

Salah satu ciri orang yang kafir adalah bersifat sombong, ingkar, dan menolak terhadap suatu kebenaran. hal ini seperti yang dijelaskan dalam firman Allah surah Al-Baqarah ayat 34:

Artinya: "Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat, "Sujudlah kamu kepada Adam!" Maka mereka pun sujud kecuali Iblis. Ia menolak dan menyombongkan diri, dan ia termasuk golongan yang kafir."

2. Mengolok-olok Rasul Allah

Ilustrasi neraka.

Photo :
  • http://yoechua.blogspot.com/

Selanjutnya, disebutkan bahwa salah satu ciri mereka yang kafir adalah yang mengolok-olok rasul-rasul Allah dan menuduh mereka sebagai tukang sihir. Seperti firman Allah dalam surah Yunus ayat 2

Artinya: "Pantaskah manusia menjadi heran bahwa Kami memberi wahyu kepada seorang laki-laki di antara mereka, "Berilah peringatan kepada manusia dan gembirakanlah orang-orang beriman bahwa mereka mempunyai kedudukan yang tinggi di sisi Tuhan." Orang-orang kafir berkata, "Orang ini (Muhammad) benar-benar penyihir."

3. Menghalangi orang dari jalan Allah

Ciri berikutnya adalah mereka yang menghalang-halangi orang dari jalan Allah, seperti dalam surah Al-A'raf ayat 45:

Artinya: "(yaitu) orang-orang yang menghalang-halangi (orang lain) dari jalan Allah dan ingin membelokkannya. Mereka itulah yang mengingkari kehidupan akhirat."

4. Berbohong kepada Allah

Ilustrasi lubang neraka.

Photo :
  • Atlas Obscura

Kemudian, mereka yang membuat kebohongan juga salah satu ciri orang yang kafir, hal ini dijelaskan dalam surah Al Ankabut ayat 68:

Artinya: "Dan siapakah yang lebih zalim daripada orang yang mengada-adakan kebohongan kepada Allah atau orang yang mendustakan yang hak ketika (yang hak) itu datang kepadanya? Bukankah dalam neraka Jahanam ada tempat bagi orang-orang kafir?"

5. Memandang baik perbuatan jahat

Mereka yang memandang baik perbuatan jahat yang mereka lakukan, juga termasuk ke dalam salah satu ciri orang yang kafir. Seperti dalam firman allah surah al-An'am ayat 122:

Artinya: "Dan apakah orang yang sudah mati lalu Kami hidupkan dan Kami beri dia cahaya yang membuatnya dapat berjalan di tengah-tengah orang banyak, sama dengan orang yang berada dalam kegelapan, sehingga dia tidak dapat keluar dari sana? Demikianlah dijadikan terasa indah bagi orang-orang kafir terhadap apa yang mereka kerjakan."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya