Kampus UIN STS Jambi Pengukuhan Enam Guru Besar, Rektor: Jadi Tambahan Energi

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag, Muhammad Ali Ramdhani
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi kembali melakukan pengukuhan guru besar yang jumlahnya mencapai enam orang.

LPSK Putuskan Beri Perlindungan kepada Korban Dugaan Pelecehan Rektor Nonaktif UP

Pengukuhan dilakukan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang diwakili langsung oleh Dirjen Kementerian Agama, Muhammad Ali Ramdhani yang memimpin pengukuhan enam guru besar, yakni Prof Dr As,ad Isma M.Pd, Prof Dr H Marwazi M.Ag, Prof Samsu S.Ag. M.Pd.I Ph.D, Prof Dr H Kasful Anwar US M.Pd, Prof Dr Rusmini S.Ag M.Pd. I dan Prof Dr. Badarussyamsi.S.Ag.MA.

Dalam pengukuhan guru besar, Rektor UIN STS Jambi, Prof Dr As’ad Isma M.Pd mengatakan, UIN STS Jambi telah memiliki 19 Guru Besar dan puluhan yang sedang dalam proses pengajuan dan ia menargetkan 2027 Guru Besar UIN STS Jambi 60 orang termasuk dari perguruan tinggi keagamaan yang berada di bawah naungan Kopertais XIII Jambi.

Presiden Jokowi: Selamat Idul Fitri 1445 H, Semoga Kita Bisa Saling Memaafkan

“Pengukuhan ini juga menjadi momentum untuk menjadi tambahan energi bagi UIN, untuk berkontribusi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan di masa mendatang,” jelasnya, Kamis 22 Februari 2024.

As'ad menyebutkan, dalam orasi Guru Besar ia menganjurkan kepada pemimpin atau manajer organisasi untuk lebih intens dan menjadikan komunikasi persuasif sebagai budaya dan menjadi nilai penting dalam melakukan komunikasi kepada anggota atau sumber daya insani di organisasi.

Menag Yaqut: Masyarakat Bisa Lebaran Bersama-sama

"Ini sebuah iklim organisasi yang humanis, demokratis, egaliter dan penuh rasa simpati dan kasih sayang akan dapat membuat organisasi mencapai tujuan lebih efektif dalam mencapai tujuan dan visi," tuturnya.

Terpisah, Guru besar bidang ilmu Psikologi Manajemen, Prof. Rusmini, S.Ag.,M.Pd.I mengatakan sangat bersyukur sebagai pribadi yang dapat mencapai prestasi dan gelar akademik tertinggi sebagai guru besar dalam bidang ilmu Psikologi Manajemen pada usia 45 tahun dan tentunya merupakan karunia yang sangat luar biasa.

"Riset saya yang dipublikasikan dalam artikel yang mengantarkan saya menjadi guru besar dengan judul Hadrami's Leasership in Islamizing Jambi: Managerial Psikologi Perspective dan telah terbit di Cogent Sosial Sciences, Volume 9, Issue 1, 2023," terangnya.

Guru besar bidang ilmu Manajemen Pendidikan, Prof.Dr.H.Kasful Anwar Us,M.Pd mengatakan sebagai guru besar, Manajemen Pendidikan di perguruan tinggi melibatkan serangkaian proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan pendidikan untuk mencapai tujuan-tujuan pendidikan yang ditetapkan oleh institusi tersebut.

"Perguruan tinggi Islam memegang peran penting dalam pendidikan tinggi di banyak negara, menyediakan lingkungan pendidikan yang unik dengan nilai-nilai Islam yang terintegrasi," ujarnya.

Begitu juga Guru Besar Bidang Ilmu Kepemimpinan Pendidikan, Prof. Samsu, S.Ag.,M.Pd.,Ph.D mengatakan sangat berterima kasih yang mendalam kepada Pemerintah Republik Indonesia dalam hal ini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI dan Kementerian Agama atas kepercayaan yang diberikan kepadanya untuk menduduki jabatan Guru Besar dalam bidang ilmu : Kepemimpinan Pendidikan di UIN STS Jambi.

"Terima kasih juga kepada Rektor Prof Dr.As'ad, M.Pd dan Ketua senat, Prof.Dr.H.Mukhtar, M.Pd serta saya hormati guru besar UIN STS Jambi lainnya dan juga kepada Orang tua kandung dan guru saya di jenjang SD, SMP dan SLTA yang telah mengantarkan saya ke jenjang pendidikan akademik tertinggi," terangnya.

Sementara itu, Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Islam, Prof Dr.H.Marwazi,M.Ag mengatakan ia sangat berterima kasih kepada Kementrian Agama, Rektor serta guru besar di UIN STS Jambi yang telah berkontribusi kepadanya sampai ia menjadi Guru Besar di uang lingkup UIN STS Jambi.

"Saya sangat berterima kasih banyak karena saya sudah menempuh menjadi guru besar di UIN STS Jambi," imbuhnya.

Begitu juga Guru Besar Bidang Ilmu Filsafat Islam Modern, Prof.Dr.Badrussyamsi, S.Ag.,M.A mengatakan atas pengukuhan dirinya sebagai guru besar sangat luar biasanya baginya dan ia sangat berterima kasih banyak kepada Kementerian Agama yang mempercayainya sebagai guru besar dan ia juga berterima kasih banyak kepada Guru besar UIN STS Jambi yang telah mensupportnya sehingga secara sah pengukuhan sebagai guru besar.

"Saya juga berterima kasih kepada orang tua saya dan juga sangat berterima kasih banyak kepada Rektor UIN STS Jambi, Prof Dr As,ad Isma M.Pd semoga UIN STS Jambi sukses terus," katanya.

Dalam Pengukuhan Guru besar UIN STS Jambi Ketua senat UIN STS Jambi Prof.Dr.H.Mukhtar,M.Pd yang mensahkan langsung enam guru besar di UIN STS Jambi dan dalam pengukuhan tampak para Dekan di setiap Fakultas UIN STS Jambi hadir langsung dalam pengukuhan enam guru besar Serta para kerabat dan keluarga guru besar.

Baca artikel Edukasi menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya